3 Aplikasi Desain Grafis untuk Android yang Patut Anda Pakai

Seorang desainer grafis atau pelukis tentu membutuhkan media untuk menuangkan ide-ide brilian mereka. Dulu, hanya berupa kertas kanvas yang dipakai untuk membuat karya lukisan. Seiring perkembangan teknologi, muncullah komputer. Seorang desainer atau pelukis mampu berkarya berkat adanya berbagai software yang tersedia baik berbayar maupun gratis.

Teknologi gadget seperti smartphone maupun tablet semakin memudahkan para seniman untuk mengekspresikan bakat mereka.

Berbagai aplikasi aplikasi untuk menggambar atau desain grafis tersedia di Google Play Store maupun di platform iOS. Kemudahan-kemudahan ini membuat para seniman mampu menciptakan karya kapanpun dan di mana saja. Tidak harus membawa laptop. Ketika muncul ide, smartphone bisa menjadi solusi untuk segera mewujudkannya. Meskipun hanya sketsa saja dan kemudian memolesnya di komputer atau laptop.

Khusus di platform Android, Google Play Store menampilkan bermacam-macam aplikasi desain yang bisa dipilih dengan mudah. Ada yang berbayar ada yang gratis. Tinggal pilih dan pasang di smartphone.

Ukuran filenya rata-rata tidak sampai 100 MB. Tidak terlalu besar.

Saya pribadi pernah memakai tiga aplikasi untuk menggambar. Namun, hanya satu saja yang masih bertahan sampai sekarang.

Aplikasi apa? Terus membaca….

Adobe Illustrator Draw
Nama Adobe sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Bagi para desainer grafis, software-software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Lightroom mungkin sudah menjadi alat yang mereka pakai sehari-hari untuk membuat gambar.

Belum lagi, Adobe juga menyediakan website khusus untuk para desainer grafis untuk menjual karya cipta melalui Adobestock.

Bukan hanya itu, Adobe juga meramaikan persaingan aplikasi desain grafis untuk smartphone. Mereka memiliki Photoshop, AI, hingga Lightroom versi smartphone.

Salah satu yang menarik bagi saya adalah Adobe Illustrator Draw. Aplikasi ini memberikan keleluasaan bagi desainer untuk membuat gambar melalui smartphone.

Tampilan cukup mudah untuk saya pahami. Meskipun saya masih tergolong pemula.

Menariknya lagi, aplikasi ini gratis tanpa syarat. Artinya, Anda tidak perlu membeli untuk dapat menggunakan fitur-fitur tertentu.

Jika Anda merupakan seorang pemula atau penggemar Adobe, Anda bisa menggunakan aplikasi ini.

Infinite Design
Nama ini sudah tidak asing di kalangan desainer grafis. Walaupun masih terhitung jauh lebih muda dibandingkan Adobe, namun Infinite Design mampu menarik konsumen untuk menggunakannya.

Perusahaan ini menawarkan software untuk menggambar vektor di PC maupun laptop. Harganya pun jauh lebih murah daripada Adobe Illustrator.

Sedangkan untuk smartphone, Infinite Design juga tidak kalah populer. Saya tidak jarang menemukan orang-orang yang memakai aplikasi ini untuk menggambar vektor dan menjualnya secara online.

Tapi, ada beberapa fitur yang premium. Artinya, Anda harus membayar untuk bisa mengakses fitur-fitur tersebut. Kalau Anda mempunyai dana, Anda dapat memanfaatkan Infinite Design dengan leluasa.

Sketchbook
Ini juga nama lama di dunia desain grafis atau menggambar. Software sketchbook sudah lama beredar untuk PC maupun MacBook.

Sementara untuk smartphone, sketchbook hadir dengan fitur-fitur yang menurut saya sangat lengkap media-media lukisnya mulai dari berbagai jenis pensil hingga kuas.

Bagi Anda yang memang memiliki passion melukis, maka aplikasi ini cocok untuk Anda.

Terlebih lagi, aplikasi ini sepenuhnya gratis.

Penutup

Sekarang tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk malas berkarya. Ada alat-alat yang banyak tersedia dalam genggaman tangan Anda.

Melalui smartphone, Anda bisa menuangkan ide karya secepat mungkin dengan aplikasi-aplikasi di atas dan aplikasi sejenis lainnya.

Sekadar saran saja, menggambar melalui smartphone akan jauh lebih efektif menggunakan stylus pen. Sebenarnya dengan jari tangan bisa, tapi memang lebih ribet. Jika Anda mempunyai tablet, jauh akan lebih baik untuk memanfaatkan aplikasi ini.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Tembung Saroja Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh-Contohnya