4 Februari Hari Kanker Sedunia, Inilah 6 Cara Mengurangi Risiko Kanker

Tahukah Anda, setiap tahun, kanker merenggut 9,5 juta nyawa di seluruh dunia. Ini merupakan fakta yang seharusnya membuat Anda dan saya semakin lebih menyadari arti pentingnya kesehatan tubuh. Tentu, secara normal, kita tidak mau mengalami penyakit ganas ini.

Namun, di luar sana, jutaan orang mengalami kesakitan, penderitaan dan kematian akibat kanker.

Inilah yang membuat Union for International Cancer Control (UICC) mendukung Deklarasi Kanker Dunia pada tahun 2008. Sekarang, secara internasional, Hari kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari.

Peringatan ini memiliki tujuan mulia yaitu untuk terus mengingatkan dan menyadarkan manusia di seluruh dunia akan bahaya kanker. Tujuan lainnya adalah untuk bersama-sama melawan kanker dan mengurangi kematian akibat kanker.

Menurut penelitian, setengah dari kasus kanker bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Anda bisa mengurangi kanker dengan enam cara ini.

cara kurangi risiko kanker

Ketahui riwayat penyakit keluarga Anda

Jika Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat kanker, kemungkinan Anda juga memiliki risiko serupa. Jadi, bertanyalah dengan anggota keluarga lain perihal riwayat kesehatan mereka sehingga Anda bisa mencegah atau mengurangi risiko mengalami masalah kesehatan.

Mempertahankan berat badan sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena beberapa jenis kanker. Namun, Anda bisa mengurangi risiko tersebut dengan mempertahankan berat badan sehat.

Bagaimana caranya?

Pola makan sehat

Diet sehat bisa membantu Anda mempertahankan tubuh tetap sehat dan ideal. Konsumsi gandum, sayuran dan buah-buahan. Hindari atau kurangi daging merah atau daging olahan agar terhindar dari risiko kanker.

Usahakan tubuh banyak bergerak

Tubuh yang banyak bergerak dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker. Bukan hanya itu, tubuh yang banyak aktif, juga membantu menjaga berat badan tetap sehat dan ideal. Buatlah jadwal olahraga atau kegiatan fisik selama minimal 30 menit sehari. Sebaiknya, lakukan kegiatan tersebut maksimal lima kali sehari.

Jauhi asap rokok

Jika Anda bukan seorang perokok aktif, sebaiknya jaga jarak dengan para perokok aktif. Seperti yang Anda ketahui, perokok pasif juga dapat menerima dampak buruk racun-racun dari rokok, termasuk mengalami kanker.

Jika Anda seorang perokok aktif, tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat dari sekarang. Berhenti merokok Insya Allah membantu menambah kualitas kesehatan tubuh Anda dan tentunya kesehatan kantong Anda :)).

Lakukan skrining

Melakukan skrining dapat membantu mendeteksi adanya kanker sejak dini. Dengan cara ini, dokter dapat melakukan uji skrining yang tepat berdasarkan usia, jenis kelamin dan faktor risiko.

Sekarang Anda sudah mengetahui enam cara mengurangi risiko kanker yang perlu Anda ketahui.

Anda dan saya, tidak bisa main-main dengan yang namanya penyakit, khususnya kanker. Ini penyakit ganas dan mematikan. Dengan melakukan cara-cara di atas tersebut sudah merupakan salah satu usaha kita untuk menghindari penyakit kanker.

Disclaimer:

Artikel ini disarikan dari berbagai sumber terpercaya dan hanya bersifat sebagai informasi bukan bahan referensi serta rujukan. Anda sebaiknya mengunjungi dokter ahli untuk mendapatkan informasi dan saran terbaik agar bisa mengurangi risiko kanker.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

10 Contoh Kalimat Aksara Jawa Yang Menggunakan Pasangan