Selain Buat Bumbu Masakan, Ini Dia Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Masakan Indonesia rasa-rasanya tidak akan lepas dari berbagai bumbu rempah-rempah, salah satunya ketumbar. Baunya khas yang kadang bagi sebagian orang benar-benar tidak menyukainya. Namun, masakan tidaklah sedap jika menghilangkan jenis rempah yang satu ini. Saya sendiri suka menggunakan ketumbar sebagai bumbu untuk menggoreng tempe. Rasanya jadi lebih gurih hehehe. Jika Anda pengemar masakan kari, maka ketumbar tidak asing lagi bagi Anda.

Bukan hanya di Indonesia saja, biji ketumbar juga sangat terkenal di belahan bumi lain misalnya India (tentu saja karena negara ini adalah negara asal kari) dan Meksiko yang menggunakannya sebagai bumbu burito dan masakan daging.

Tahukah Anda bahwa ternyata ketumbar ini aslinya berasal dari wilayah Eropa Selatan, Afrika Utara dan Asia Barat. Konon, tanaman keluarga parsley ini juga pernah dibudidayakan di Taman Gantung Babilonia. Bangsa Mesir dan Yunani Kuno juga sangat menyukai dan mengonsumsi ketumbar. Bahkan hingga saat ini ketumbar menjadi salah satu penyedap rasa paling populer yang digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia.

Selain sangat terkenal sebagai penyedap masakan, ketumbar memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dalam pengobatan khas India bernama Ayurveda, menganjurkan konsumsi ketumbar untuk meringankan masalah pada pencernaan.

manfaat ketumbar untuk kesehatan

Ketumbar membantu mengobati flu dan pilek
Ketumbar mengandung bermacam-macam vitamin seperti vitamin C, asam folat dan vitamin A. Vitamin C yang terkandung dalam daun dan biji ketumbar bahkan mendekati 30% dosis harian yang disarankan. Tentunya, kandungan vitamin C pada ketumbar tersebut sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi atau mengatasi flu dan pilek.

Membantu meringankan masalah pencernaan
Biji ketumbar bersifat antioksidan dan mengandung serat yang bermanfaat meningkatkan kinerja organ hari dan memperlancar buang air besar (BAB). Ketumbar juga sangat terkenal akan khasiatnya dalam mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare dan mual.

Ketumbar membantu mencegah rambut rontok
Rambut rontok merupakan kejadian yang sering terjadi pada kita. Namun, pola diet yang tidak tepay, ketidakseimbangan hormon, stres hingga lemahnya folikel rambut menyebabkan kerontokan rambut makin parah. ketumbar sangat dikenal sebagai herbal untuk membantu mencegah rambut rontok. Ketumbar juga berfungsi menyehatkan akar rambut dan memperkuat folikel rambut sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Ketumbar baik untuk kesehatan kulit
Berdasarkan hasil penelitian dari California University of Ayurveda, biji ketumbar ternyata cukup efektif dalam membantu penyembuhan berbagai penyakit kulit misalnya eksim, kulit gatal, ruam dan peradangan.
Ketumbar juga dikenal menyembuhkan bisul dan luka di mulut. Asam linoleat pada ketumbar juga bersifat menghilangkan rasa sakit untuk mengurangi iritasi.

Mencegah menstruasi tidak teratur pada wanita
Wanita yang mengalami pendarahan hebat pada saat menstruaai sebaiknya menggunakan rempah ketumbar dalam setiap masakannya. Dr. Indrani Jana dari Rumah Sakit Apollo, Kolkata mengatakan bahwa biji ketumbar mengandung stimulan alami yang dapat membantu merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan, mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat, dan membantu mengurangi rasa sakit dan pendarahan hebat akibat siklus haid. Ketumbar juga dapat membantu mencegah penyimpangan menstruasi.

Selain lima manfaat di atas, ketumbar dipercaya mampu menangani berbagai keluhan kesehatan lainnya seperti membantu meredakan nyeri sendi, sakit gigi, mengatasi cacingan, membantu menurunkan kolesterol, dan menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

Meski pun tergolong bahan alami, dalam mengonsumsi ketumbar juga tidak boleh sembarangan.

Menurut situs Alodokter, bagi penderita diabetes yang sedang mengonsumsi obat diabetes sebaiknya menghentikan konsumsi ketumbart. Selain itu, bagi penderita darah rendah yang dalam masa pemakaian obat penurun tekanan darah juga perlu berhati-hati karena ketumbar yang juga diyakini mampu menurunkan tekanan darah.

Bagi orang yang merasa sehat, konsumsi ketumbar juga harus sesuai dengan takaran. Anda harus menaati aturan yang tertera pada label aturan pakai.

Disclaimer:

Artikel ini disarikan dari  berbagai sumber terpercaya dan hanya bersifat sebagai informasi bukan bahan referensi serta rujukan. Anda sebaiknya mengunjungi ahli gizi atau dokter ahli untuk mendapatkan informasi dan saran penggunaan terbaik mengenai manfaat ketumbar.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa