Contoh Deskripsi Rumah Dalam Bahasa Jawa

Tugas membuat karangan deskripsi itu mudah gan. Dalam pelajaran bahasa Jawa, tugas ini memang kadang menjadi kesulitan bagi sebagian siswa. Tapi asalkan Anda mau belajar dan belajar pasti bisa kok.

Seperti judul di atas, karangan deskripsi merupakan karangan yang menjelaskan tentang suatu benda, peristiwa misalnya Anda ingin menjelaskan rumah lengkap dengan apa saja yang ada di dalamnya. Memang, jika menggunakan bahasa Jawa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi sebagian besar kegiatan pelajaran menggunakan bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Sedangkan bahasa Jawa hanya dua jam per minggu.

Tapi dulur....

Bahasa Jawa merupakan bahasa ibu kita. Kita menggunakannya dalam percakapan sehari-hari baik itu dengan keluarga maupun teman-teman bahkan guru pada saat di luar kegiatan pelajaran formal. Oleh karena itu, sudah semestinya Anda mampu membuat tulisan deskripsi bahasa Jawa.
contoh deskripsi rumah dalam bahasa jawa
Jika masih belum percaya diri membuat paragraf karangan deskripsi dengan bahasa Jawa, baiklah saya akan memberikan satu contoh deskripsi rumah dalam bahasa Jawa. Deskripsi rumah di bawah ini mudah-mudahan dapat menjadi gambaran bagi Anda semua.

Anda tidak harus meniru mentah-mentah melainkan sedikit mengubahnya sesuai dengan keadaan di rumah Anda masing-masing.

Oke...ini dia satu contoh deskripsi dumah dalam bahasa Jawa untuk Anda.
Omahku
 
Omahku manggon ing Jl.Kutilang No.12 Sukoharjo. Omahku nduwe petang kamar tidur, ruang keluarga, pawon uga kolah. Kamarku ana ing sandhike ruang keluarga. Nang kamarku ana amben siji, lemari, meja kanggo sinau, komputer, lan rak kanggo nata buku.

Kamare adhiku pas nek sisihe kamarku. Nang kamare adhiku ana meja blajar, lemari klambi. Dheweke uga nduwe rak buku. Ambene ana ing cedhak cendhela.

Kamare bapak lan ibu manggon nang sisih pawon.  Ambene luwih gedhe ketimbang ambenku karo ambene adhiku. Bapak lan ibuku nduwe meja cilik cacah loro ana ing cedhak cendhela, lemari lan TV.

Ruang keluargane ana ing sisih kamarku karo adhiku. Nang kono ana sofa cacah loro, kursi uga cacah loro uga meja siji. Ing ngarepe ana buffet, meja, TV lan DVD player.

Pawone ana ing sandhik kamare bapak lan ibu. Kolahe ana ing sandhik pawon lan WC.
Itu dulu ya Lur.....

Ingat! Sesuaikan deskripsi dengan rumah Anda sendiri. Tidak harus sama persis dengan yang ada dalam contoh di atas. Siapa tahu teman-teman Anda juga dapat contekan dari sini hahaha.....kan kalau sama nanti guru curiga. Jadilah seorang yang kreatif. OK!

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa