Cara Mengubah Teks Menjadi Suara Melalui 3 Website Ini

Perkembangan teknologi membuat apa yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan bisa menjadi kenyataan. Salah satunya, mengubah teks menjadi suara. Dulu mungkin cara ini merupakan satu kemustahilan. Namun, sekarang banyak yang menggunakan teknologi pengubah teks menjadi suara.

Jika Anda sering berselancar di Youtube, mungkin Anda akan menjumpai banyak video dengan pengisi suara yang aneh. Seperti robot alias tidak alami. Biasanya, dalam video-video tersebut hanya memuat slideshow gambar atau foto kemudian diberikan "bumbu" narasi robot.

Bagaimana mereka bisa membuatnya? Kali ini, Jawalogger akan membagikan beberapa situs yang bisa mengubah teks menjadi suara. Tapi sayangnya, semuanya tidak mendukung pengisi suara dengan bahasa Indonesia. Semua bahasa asing mulai dari bahasa Inggris sampai bahasa China. Jadi, kalau Anda memasukkan teks berbahasa Indonesia, hasilnya akan aneh.

Paling tidak, Anda akan mengetahui bagaimana cara mengubah teks menjadi suara. Mari kita mulai!

Natural Readers
Sejauh ini, Natural Readers merupakan jasa pelayanan untuk mengubah teks ke suara yang paling oke hasilnya. Seperti namanya, hasil dari pengubahan seperti layaknya suara yang natural tidak terdengar seperti suara robot. Jadi enak didengarnya. Namun ada harga ada rupa. Anda harus meng-upgrade keanggotaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tentunya bisa mendownload file audionya.

Ini cocok untuk membuat video Youtube dengan narasi bahasa Inggris, Spanyol, Prancis hingga Swedia.

Penasaran? Anda dapat mencobanya di naturalreaders.com/online/.

TTSReader
TTSReader merupakan salah satu situs web yang menyediakan layanan untuk mengubah teks menjadi suara. Meskipun berlabel free alias gratis, namun tidak sepenuhnya. Ada beberapa layanan yang mengharuskan Anda meningkatkan keanggotaan ke level premium. Tentunya harus bayar.

Tapi, kalau hanya untuk sekadar mencoba dan ingin tahu saja, Anda bisa menggunakan layanan dari TTSReader. Situs ini menyediakan pengisi suara dari Inggris UK sampai China. Ada yang berbahasa Indonesia tapi penuturnya bukan native. Jadi, hasilnya aneh bahkan tidak enak didengar.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa TTSReader, Anda bisa langsung ke ttsreader.com.

From Text to Speech
From text to speech menyediakan layanan teks menjadi suara yang menurut saya masih kurang dibandingkan dengan TTSReader. Menariknya, situs ini membuarkan pengguna untuk mendownload hasil ubahan secara gratis bahkan tanpa mendaftar terlebih dahulu. Karena gratisan, hasilnya pun kurang maksimal, seperti yang mungkin pernah Anda tonton di Youtube. Dan inilah salah satu tool yang sering dipakai oleh Youtuber Indonesia.

Ingin coba mengubah teks menjadi suara, fromtexttospeech.com bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk Anda kunjungi.

Mungkin Anda ingin membuat video Youtube berbasis slideshow dengan narasi, ketiga situs di atas bisa dipertimbangkan. Kalau Anda mempunyai dana lebih, Natural Readers lebih disarankan. Tapi, untuk pemula, From Text to Speech boleh untuk dicoba.

Bukan seorang ahli, apalagi sarjana Bahasa Jawa, Andi menuliskan segala pengetahuan mengenai bahasa ibunya yang pernah didapat melalui sekolah dulu dan buku-buku. Andi juga tidak jarang menulis tema lain seperti teknologi dan kesehatan. Kunjungi Jawalogger.com.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silakan berkomentar dengan sopan. Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi, bagi Anda yang memasukkan komentar, "tidak boleh" memasukkan link di dalam komentar.

Jika itu terjadi, maka saya tidak akan menyetujui komentar Anda.