Contoh Cara Menulis Paragraf Aksara Jawa

Menulis paragraf dengan aksara Jawa memang membutuhkan latihan terus menerus agar bisa mahir. Bukan hanya memahami aksara-aksara dasar saja, tapi juga mesti mengetahui pasangan dan sandhangan yang dipakai.

Terlebih lagi, untuk membuat sebuah kalimat saja agak memerlukan waktu. Apalagi jika harus membuat sebuah paragraf bahasa Jawa yang mungkin jarang sekali kita gunakan.

Lagi-lagi, semua perlu latihan. Anda dan saya memegang tanggung jawab besar untuk tetap mempelajari penulisan paragraf aksara Jawa dengan baik dan benar. Tujuannya, agar kita bisa memperkenalkan dan mengajari anak cucu kita tentang budaya Jawa khususnya aksara Jawa.

Pada postingan kali ini, Jawalogger membagikan sebuah contoh paragraf yang ditulis menggunakan aksara Jawa. Di sini saya masih belajar, jadi mungkin masih ada beberapa bagian yang "mungkin" belum tepat cara penulisannya.

Paragraf bahasa Jawa

Kang diarani lingkungan yaiku samubarang kang awujud barang, kekuwatan, kahanan, lan sakabèhing titah kang bisa mahanani lestarining panguripan ing donya.

Terjemahan

Yang dinamakan lingkungan yaitu semua yang berwujud benda/barang, kekuatan, keadaan, dan semua makhluk yang dapat melestarikan kehidupan di bumi.

Cara menulis paragraf aksara Jawa
contoh cara menulis paragraf aksara jawa

Anda sekarang bisa berlatih menulis paragraf menggunakan aksara Jawa di atas kertas berdasarkan contoh di atas. Jika anda memiliki saran, kritik atau perbaikan mengenai penulisan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah.

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa