Peristiwa Sejarah Penting Yang Terjadi Pada Tanggal 4 Oktober

Dunia ini tidak lepas dari aneka peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah. Semuanya dikenang sebagai peringatan maupun pelajaran bagi generasi-generasi setelahnya. Seperti halnya pada tanggal 4 Oktober di mana berbagai kejadian akan sangat baik untuk anda ambil segala manfaatnya.

Pada postingan kali ini, Jawalogger membagikan beraneka peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 4 Oktober.

4 Oktober 23
Terjadi sebuah pemberontakan terhadap Dinasti Xin, Tiongkok di mana para pemberontak berhasil menguasai dan menghancurkan ibu kotanya yaitu Chang'an. Pemberontak juga membunuh penguasa Dinasti Xin pada saat itu, Wang Man dua hari setelah menaklukkan ibu kota. Peristiwa ini sekaligus menjadi akhir dari kekuasaan Dinasti Xin yang berlangsung selama 14 tahun.

4 Oktober 1302
Berakhirnya perang antara Bizantium dengan Venesia yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian damai. Perang Bizantium-Venesia berlangsung sejak 1296 berakhir dengan Republik Venesia sebagai pihak yang menang. Tapi dengan perjanjian damai tersebut Republik Venesia menyerahkan kembali wilayah-wilayah kekuasaan Kekaisaran Bizantium yang berhasil ditaklukkan. Sebaliknya, Kekaisaran Bizantium menanggung kerugian yang dialami Republik venesia selama perang berlangsung.
bendera kerajaan byzantium
Bendera Byzantium
4 Oktober 1626
Kekalahan pasukan gabungan Kekaisaran Romawi Suci dan pasukan Saxony dari pasukan Swedia ketika terjadi Pertempuran Wittstock yang terletak di barat laut Berlin, Jerman. Perang tersebut berlangsung selama 30 tahun yang menyebabkan tewasnya sekitar 5.000 tentara gabungan Kekaisaran Romawi Suci dan pasukan Saxony serta sekitar 3.100 pasukan dari pihak Swedia.

4 Oktober 1777
Terjadinya pertempuran di masa Perang Revolusi Amerika antara pasukan Amerika Serikat dengan pasukan Kerajaan Inggris. Pasukan AS yang dipimpin oleh George Washington menjadi pihak yang menang dan berhasil menaklukkan pasukan Inggris pimpinan Sir William Howe.

4 Oktober 1853
Awal mula Perang Krimea yang disebabkan oleh deklarasi perang Kesultanan Ottoman terhadap Kekaisaran Rusia. Sebelumnya, ketegangan politik antara kedua terus berlangsung. Hingga akhirnya terjadilah Perang Krimea yang membuat beberapa negara ikut terlibat dalam peperangan sampai tahun 1856.

4 Oktober 1917
Pada masa Perang Dunia I pasukan Jerman ditaklukkan oleh pasukan Sekutu dalam pertempuran Broodseinde. Pertempuran yang berlangsung di Broodseinde, Flandaria dekat Ypers, Belgia tersebut mengakibatkan tewasnya sekitar 30.000 pasukan Jerman dan sekitar 20.000 dari pihak pasukan Sekutu.

4 Oktober 1965
Hari yang bersejarah bagi umat Katholik Amerika Serikat di mana Paus Paulus VI menjadi Paus yang pertama kali mengunjungi negara yang dijuluki Paman Sam tersebut.

4 Oktober 1966
Hari penting dan bersejarah untuk negara kecil yang terletak di bagian selatan benua Afrika, Lesotho. Lesotho yang dijajah oleh Inggris sejak 1869 mendapatkan kemerdekaannya secara penuh.
pemandangan di negara lesotho
Pemandangan di negara Lesotho by Pixabay
4 Oktober 1980
Hari kelahiran pesepakbola terkenal asal Republik Ceko,  Tomas Rosicky. Pesepakbola yang pernah merumput bersama klub Bundesliga Borussia Dortmund dan Arsenal di Liga Primer Inggris tersebut lahir pada tanggal 4 Oktober 1980 di Praha, Cekoslowakia. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang tersebut bermain untuk Borussia Dortmund antara tahun 2001 hingga 2006. Sementara bersama Arsenal, Rosicky bermain dari 2006 sampai 2016. Sekarang pemain berusia 37 tahun tersebut bermain untuk klub ibu kota Ceko yang sekaligus tanah kelahirannya, Sparta Praha.

4 Oktober 1993
Peristiwa penyerangan pasukan militer Rusia terhadap para demonstran di gedung parlemen Moskow, Rusia. Serangan tersebut terjadi atas perintah Presiden Rusia saat itu, Boris Yeltsin. Akibat serangan militer dengan kendaraan tank tersebut, sekitar 187 orang tewas.

(dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa