Cara Membuat Gambar Animasi GIF Sederhana Secara Online dan Mudah

Gambar atau foto bisa menggunakan berbagai macam format file seperti .jpg, .png, .psd sampai .gif. Namun, untuk gambar yang bisa bergerak atau berbentuk animasi biasanya dalam format .gif. Jujur saya pernah menggunakan perangkat lunak GIMP (semacam Photoshop tapi gratisan) untuk membuat gambar GIF. Tapi, ketika menulis tips ini, waktu belum mencukupi untuk menggunakan software alternatif Photoshop ini. Jadi, saya menggunakan cara online yaitu melalui sebuah situs web untuk menciptakan sebuah gambar GIF dengan mudah.

Nama situs webnya gifmaker.org. Situs ini dapat digunakan untuk membuat gambar GIF sederhana hanya dengan mengunggah / mengupload gambar atau foto. Pada dasarnya, kita tinggal mencari gambar-gambar yang berurutan sehingga bisa menjadi sebuah gerakan. Kemudian menggabungkannya dengan cara mengunggah di situs tersebut. Hasilnya pun cukup memuaskan dan benar-benar tidak mengecewakan walaupun sederhana.

Baca Juga : GIMP Alternatif Photoshop

Cara membuat gambar GIF secara online


Pertama, karena ini untuk belajar maka cari dulu gambar-gambar yang ingin dipakai untuk membuat gambar GIF. Saya biasanya mencari gambar di Pixabay.com. Semua gambar di sini dapat diunduh secara gratis tanpa harus takut kena hak cipta.

website gambar foto gratis

Unduh gambar-gambar atau foto-foto yang sekiranya saling berhubungan satu sama lain dan menarik. Sebagai contoh saya mengambil gambar kartun lebah yang sedang berkaca.
situs gambar gratis pixabay

Jika sudah mengunduh gambar atau foto, sekarang kunjungi situs gifmaker.org. Tentukan urutan animasinya. Unggah gambar atau foto yang sudah anda dapatkan sesuai dengan urutannya. Di sana hanya gambar atau foto dengan format  JPG, PNG, GIF, PSD or BMP saja yang bisa diunggah.
tips membuat gambar gif online dengan cepat dan mudah

Anda dapat melihat preview gambar GIF yang sudah dibuat. Jika dirasa kurang pas, anda dapat menghapus yang tidak sesuai gambar atau urutannya kemudian menggantinya dengan mengunggah gambarnya lagi. Anda juga bisa mengubah ukuran dan kecepatan gambar GIF yang dibuat.

tips membuat gambar gif di internet

Sekiranya sudah pas di hati dan dinilai bagus gambar GIF-nya, tinggal klik "Create Animation". Jika ingin melihat hasilnya bagaimana, anda klik saja "View GIF". Anda juga bisa langsung mengunduh hasilnya dengan cara mengklik "Download GIF".

cara membuat gambar gif dengan mudah dan cepat

Hasilnya cukup lumayan meskipun sangat sederhana sepeeti di bawah ini....
cara membuat gambar gif secara online


Bagaimana? Sekarang anda sudah tahu tentang cara membuat gambar GIF secara online tanpa software. Cukup unggah gambar atau foto yang ingin dibuat format GIF, edit sedikit-sedikit. Sekali klik gambar GIF yang diinginkan sudah jadi. Mudah dan cepat.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa