Downthemall, Aplikasi Download Selain IDM di PC Yang Cepat dan Gratis

Internet Download Manager atau disingkat IDM memang menjadi andalan kita saat mengunduh file melalui PC atau laptop. Karena kecepatannya membuat software ini menjadi pilihan utama para pengguna PC ketika mendownload file-file berukuran besar. Proses mengunduh berbagai jenis file baik audio, video, gambar, software hingga permainan (games) pun bisa dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan tanpa IDM.

Sayangnya, untuk mendapatkan IDM tidaklah gratis. Betul Lurr, kita harus membayar untuk bisa menggunakan aplikasi download ini. Jika ada yang memakai aplikasi IDM pasti ada dua macam yaitu yang membeli lisensi atau mencari fake serial agar bisa mendapatkannya secara gratis (lebih tepatnya "bajakan"). Inilah yang pastinya membuat anda dan saya berpikir dua kali jika ingin memiliki IDM.

Lalu apa ada alternatif aplikasi download selain IDM?

Jika anda ingin beralih ke aplikasi download yang opensource atau terbuka maka ini adalah langkah yang tepat. Selain gratis, aplikasi opensource pun tidak kalah dengan IDM. Ada dua aplikasi sejenis IDM yang saya ketahui yaitu Free Download Manager (FDM) dan Downthemall.

Namun, terus terang saya belum pernah memakai FDM. Saya lebih sering menggunakan Downthemall. Bukan karena tidak suka tapi belum sempat mencobanya saja. Downthemall merupakan aplikasi download gratis yang bisa diunduh dan dipasang di browser Mozilla Firefox. Sementara ini saya belum menemukan Downthemall di browser Chrome. Jadi, mohon maaf untuk pengguna Chrome cara ini bukan untuk anda.

Tapi, anda memiliki dua browser di PC bukan? Kalau belum bisa mengunduh dan menginstal Firefox lebih dulu hehehe.

Cara mendownload dan menginstal Downthemall

Buka dulu Mozilla Firefox kemudian klik "Open Menu" yang terletak di bagian kanan atas jendela browser, bertanda garis-garis. Pilih "Add Ons" atau "Pengaya" untuk masuk ke Add Ons Manager.


Pilih menu "Extensions" lalu ketikkan "Downthemall" untuk menemukan file aplikasi "Downthemall". Sesudah ketemu. Downthemall berada di posisi paling atas hasil pencarian. Klik "Install" untuk memasangnya di Mozilla Firefox.



Tidak perlu waktu lama untuk menginstall Downthemall. Hasilnya....


Sekarang saatnya menggunakan Downthemall. Saya berikan contoh mendownload lagu Baby Shark MP3 yang saat ini populer. Klik link download yang diinginkan.



Muncullah jendela pilihan dengan apa anda ingin mendownload file MP3 Baby Shark-nya. Tentu saja, pilih "Downthemall". Kemudian klik "Ok".

Lalu akan muncul jendela lagi, klik "Start" untuk memulai proses download.


Inilah tampilan jendela saat proses download. Jika sudah selesai download maka akan muncul pemberitahuan "Complete".


Itulah cara memasang dan menggunakan aplikasi download selain IDM yaitu Downthemall di Mozilla Firefox. Aplikasi ini cukup bisa diandalkan untuk mengunduh file-file besar. Saya sudah membuktikannya sendiri untuk mendownload file video film ataupun file iso Linux yang berukuran jumbo.

Jika anda merasa cara ini sangat bermanfaat dan ingin membagikannya kepada teman-teman maupun orang lain, anda bisa membagikannya melalui tombol di bawah.

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa