SMS Penipuan Berhadiah Mengatasnamakan Shopee Masih Beredar, Ini Cara Melaporkannya.

Para penipu masih saja berkeliaran di negeri ini. Baru saja saya mendapatkan sebuah email yang berisi informasi bahwa nomor SIM CARD saya beruntung meraih hadiah sebesar Rp 125 juta. Curiga dengan SMS tersebut, saya pun langsung mengklik tautan situs yang disediakan oleh penipu tersebut.
Dan terbukti dengan meyakinkan bahwa SMS yang saya dapatkan benar-benar penipuan berkedok hadiah dari Shopee. Mengapa saya yakin itu penipuan?

Situs yang digunakan hanyalah situs gratisan blogspot. Tampilan blog pun dibuat semirip mungkin dari warna hingga headernya. Bagi orang yang masih awam dengan teknologi apalagi website mungkin dapat tertipu oleh orang yang tak bertanggungjawab tersebut. 
Jadi, bagi Anda yang mendapatkan SMS dengan tautan website, silakan kunjungi websitenya terlebih dahulu. Jika website tersebut memiliki ciri-ciri seperti yang saya sebutkan di atas, maka abaikan SMS itu.

Lalu, website atau blog tersebut juga mencantumkan tanggal yang sudah kadaluarsa. Di situ tercantum tanggal 19 Mei 2019. Sedangkan hadiah 11.11 Shopee kan seharusnya bulan ini.
Si penipu juga mencatut lembaga negara dan tokoh-tokoh penting seperti Bank Indonesia, Kapolri dan pejabat-pejabat lainnya untuk lebih meyakinkan calon korban.
Ada satu nama tercantum yang entah itu nama asli atau fiktif belaka beserta nomor handphone yang harus dihubungi.

Setelah membaca tulisan ini saya harapkan Anda tidak mudah percaya dengan SMS yang menawarkan iming-iming hadiah yang WOW!

Apalagi mencatut nama besar marketplace, dalam hal ini Shopee Dan marketplace lainnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain-lain.

Anda harus segera mencari informasi dan mengkonfirmasi apakah betul SMS yang Anda terima benar-benar dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Jika Anda yakin bahwa SMS tersebut benar-benar penipuan, maka sebaiknya Anda melaporkan kepada pihak-pihak terkait dan berwajib.

Hubungi admin atau call center perusahaan marketplace yang bersangkutan untuk memastikan SMS itu dari mereka atau bukan. Khusus untuk Shopee, Anda dapat mengunjungi dan mengisi laporan pengaduan melalui link ini : https://shopee_support.formstack.com/forms/pelaporan_penipuan.

Pihak perusahaan jasa telekomunikasi juga menyediakan layanan laporan SMS penipuan. Anda cukup mengirimkan pesan dengan format yang sudah ditentukan masing-masing perusahaan dan mengirimkannya ke nomor tertentu. Caranya seperti gambar di bawah ini.
Anda juga dapat mengirimkan aduan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang penipuan tersebut. Kirimkan screenshot SMS dan situs abal-abal penipu.

Kalau Anda menerima SMS yang mengatasnamakan lembaga keuangan seperti Bank, maka Anda juga sebaiknya melaporkannya kepada Otoritas Jasa Keuangan agar dapat ditindaklanjuti.

Terakhir, laporkan kepada pihak cyber POLRI agar para pelaku penipuan dapat segera ditangani petugas kepolisian.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

10 Contoh Kalimat Aksara Jawa Yang Menggunakan Pasangan

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya