Patung Pandawa yang kian terbengkalai di Solobaru.

Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu wilayah yang terdekat dengan Kota Sala, Jawa Tengah. Karena jaraknya yang dekat, banyak pebisnis menanamkan investasi di kabupaten berslogan MAKMUR ini.
Salah satunya di kota satelit bernama Solo Baru. Jaraknya tidak sampai sepuluh menit dari pusat kota Solo. Berada di wilayah Kecamatan Grogol, Solo Baru berkembang pesat dan menjadi salah satu pusat perekonomian yang maju di kawasan Utara Sukoharjo.

Ada beberapa landmark yang menjadi ikon Solobaru seperti patung Pandawa di simpang empat Solobaru. Ke arah selatan, ada patung yang menggambarkan cerita pewayangan.(lihat gambar di atas).

Sayangnya, ikon yang seharusnya menjadi daya tarik wisata ini sepertinya kurang terawat. Ini dapat dilihat dari tampilan yang semakin kusam dan lusuh.

Tampaknya pemerintah daerah setempat tidak begitu antusias merawat bangunan itu. Padahal lokasinya dekat dengan supermarket, hotel, rumah sakit dan apartemen serta pusat perbelanjaan lainnya yang tentu saja banyak orang baik lokal maupun luar daerah yang melewatinya.

Jika pihak pemerintah daerah mau memperbagus atau paling tidak meratanya dengan baik, landmark Pandawa bisa menjadi objek wisata yang menarik dan menjadi ikon Sukoharjo.

Semoga.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Tembung Saroja Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh-Contohnya