Menulis Aksara Jawa Sekarang Lebih Mudah Dengan Aplikasi Android

Menulis aksara Jawa bisa jadi sudah jarang dilakukan oleh generasi Jawa pada saat ini. Di tengah gempuran budaya lain yang ditambah dengan penggunaan aksara Latin yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari membuat aksara Jawa semakin dilupakan.

Namun, perkembangan teknologi juga membawa angin segar. Banyak pembuat aplikasi smartphone yang mampu membuat aplikasi menulis aksara Jawa dari ponsel, khususnya Android. Di Google Play, saya menemukan beberapa aplikasi. Tapi yang menarik saya untuk menginstal dan menggunakannya hanya dua yaitu Nulis Aksara Jawa dan Aksara Jawa.

Kedua aplikasi tersebut menurut saya paling bagus di antara lainnya.

Nulis Aksara Jawa

Aplikasi yang dibuat oleh Uzan Media menjadi yang teratas dalam hal aksara Jawa. Boleh dikatakan sudah sangat bagus untuk para penikmat pelajaran bahasa Jawa. Ukuran filenya yang kecil membuatnya ringan di smartphone Android Anda.
Ada dua cara menulis aksara Jawa dengan aplikasi ini. Pertama dengan cara konversi kata atau kalimat huruf Latin menjadi tulisan aksara Jawa.

Di sini, Anda tinggal mengetik kata atau kalimat bahasa Jawa yang ingin diubah menjadi aksara Jawa. Kemudian klik lingkaran untuk melihat hasilnya.

Anda sebaiknya membaca petunjuk penggunaannya dengan cara scroll halaman ke bawah. Baca dengan seksama supaya hasilnya lebih maksimal.

Cara kedua yaitu menulis aksara Jawa langsung. Kemampuan Anda menghafal aksara dan sandhangannya diuji di sini. Berita bagusnya adalah, di setiap aksara Jawa disertai tulisan Latinnya sehingga para pemula pun bisa mengerti dengan baik menurut saya.

Jika Anda sudah mempunyai dasar penulisan aksara Jawa dengan baik, maka cara kedua ini tentu sangat cocok untuk melatih kemampuan Anda menulis aksara Jawa.


Yang menyenangkan dari aplikasi ini adalah, kita dapat menyimpan dan meng-copy tulisan aksara Jawa yang sudah dibuat.

Aksara Jawa

Aplikasi kedua yang cukup bagus menurut saya adalah Aksara Jawa karya Hirson. Yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi di atas adalah adanya penjelasan di halaman awal aplikasi. Anda bisa membaca secara detail mengenai aksara jawa, sandhangan, aksara murdha, aksara swara, silangan serta aksara rekan.

Setelah membaca semua penjelasan di halaman depan, bisa langsung ke halaman selanjutnya. Pada halaman kedua, Anda bisa mengkonversi tulisan Latin ke aksara Jawa. Caranya sama dengan aplikasi Nulisa Aksara Jawa. Cukup ketik kata atau kalimat Jawa dengan huruf Latin, lalu klik tanda panah untuk melihat hasilnya.

Cara selanjutnya, menulis aksara Jawa langsung. Di sini ada kelemahan menurut saya. Pada aksara Jawanya, tidak disertai keterangan dengan huruf Latin. Ini tentu menyulitkan para pemula yang baru belajar aksara Jawa dan belum begitu hafal dengan aksara Jawa beserta sandhangannya.

Kelemahan lainnya dari aplikasi Aksara Jawa ini adalah ketika saya hendak menyimpan tulisan aksara Jawa, aplikasi mengalami crash dan keluar sendiri.

Selebihnya sudah oke menurut saya.

Itulah dua aplikasi menulis aksara Jawa yang dapat Anda instal melalui Google Play Store di smartphone Android. Diharapkan, aplikasi ini dapat membantu Anda dalam belajar dan berlatih menulis aksara Jawa dengan semakin baik lagi.

Nuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Tembung Saroja Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh-Contohnya