Indonesia darurat sampah plastik, stop buang sampah sembarangan!

Sering lihat tulisan seperti gambar di bawah ini Lurrr? Mungkin Anda sudah banyak menjumpai berbagai keresahan warga akan lingkungan mereka, khususnya masalah sampah rumah tangga. 

Keresahan tersebut dituangkan dalam bentuk ancaman baik berupa denda hingga ancaman azab bagi para pembuang sampah sembarangan, wkwkwk ngeri ya? Anda juga termasuk pembuang sampah sembarangan Lurrr? Semoga tidak ya 😊.
Ancaman-ancaman tersebut seolah-olah hanya dianggap angin lalu oleh para pembuang sampah sembarangan tersebut. Mereka tetap saja nekat membuang aneka sampah di pinggir jalan.

Mungkin mereka pikir ini adalah semak-semak pinggir jalan raya yang tidak dihuni orang. Entah apa yang telah merasuki mereka hingga bisa berbuat seperti itu.

Beraneka ragam sampah pun dibuang di area ilegal tersebut dari sampah plastik hingga botol-botol minuman.

Sementara warga sekitar pun mungkin tidak berdaya untuk mengawasi orang-orang tidak bertanggungjawab tersebut.
Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup mengalami darurat sampah plastik. Bahkan dampak negatif sampah-sampah plastik tersebut sampai pada hewan-hewan laut seperti ikan.

Bisa kita bayangkan apabila ikan-ikan laut yang kita konsumsi mengandung zat racun dari sampah-sampah plastik yang dibuang sembarangan.

Ini artinya, seluruh rantai kehidupan bisa terkena dampak negatif perilaku membuang sampah sembarangan tersebut.
Solusi dari permasalahan sampah plastik bukan hanya kerja pemerintah saja. Akan tetapi, kesadaran warga negara akan pentingnya lingkungan yang minim sampah perlu ditingkatkan.

Kalaupun belum bisa mengajak orang lain, paling tidak dari diri sendiri dan keluarga dulu.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Tembung Saroja Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh-Contohnya