Cara Mudah dan Cepat Download Video YouTube di Android, Gratis

Menonton film atau video klip favorit memang kegiatan menyenangkan. Apalagi di zaman yang serba smartphone, pengguna semakin dimudahkan untuk menikmati video. Berbagai situs penyedia video online pun bertebaran, termasuk yang paling populer adalah YouTube.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa YouTube merupakan rajanya di media jejaring video dunia. Orang-orang di seluruh dunia berlomba-lomba mengupload video dan membuat uang darinya.

Tidak sedikit pula orang-orang yang hanya menjadi penonton dan penikmat yang tersedia secara gratis.

Namun, untuk bisa menikmati film atau video favorit harus rela kehilangan kuota banyak, kecuali jika menggunakan fasilitas WiFi. Sayangnya, untuk mendapatkan fasilitas WiFi tersebut kan tidak setiap saat. Ada kalanya mungkin harus menggunakan kuota internet.

Tentu ini akan sangat boros uang bukan? Salah satu alternatif nya adalah dengan mengunduh video YouTube yang kemudian diputar secara offline.

Beberapa tahun lalu, Anda dapat dengan mudah mendownload video menggunakan aplikasi YouTube downloader yang tersedia untuk Android.

Tapi, sekarang sepertinya sudah karena mengunduh video melalui aplikasi dianggap ilegal. Saya pun kesulitan menemukan aplikasi untuk mendownload video dari YouTube. Kalaupun ada pasti situs-situs penyedia video lainnya.

Jika Anda mengalami masalah yang sama, jangan khawatir Lurrr.

Saya memiliki caranya. Tidak perlu instal aplikasi lagi. Cukup gunakan browser yang ada di smartphone Android Anda.

Bagaimana caranya?

Sebenarnya saya juga sering memakai cara ini saat mendownload video YouTube melalui komputer. Jadi, memang tempatnya saja yang berbeda tapi caranya sama plek.

Pertama, kunjungi situs YouTube melalui browser. Cari video favorit Anda. Kemudian copy link video tersebut.
Jika Anda belum tahu caranya, ketuk kolom link video maka akan muncul deretan alamat link di bawahnya.
Pilih yang paling atas, ketuk tombol persegi panjang untuk menyalin alamat link.

Jika sudah, buka tab baru pada browser Android. Kemudian ketik Y2mate.com. Ini merupakan situs download YouTube gratis.
Setelah itu, paste atau tempelkan alamat link yang sudah Anda copy tadi di kolom seperti di gambar di bawah ini. Lalu klik atau ketuk tombol "Download".

Tunggu sebentar hingga muncul beberapa link download. Scroll ke bawah maka Anda akan menemukan beberapa pilihan format dan ukuran file untuk diunduh. Anda tinggal pilih sesuai keinginan.
Mudah bukan?

Penutup

Tutorial ini menyediakan cara mudah dan gratis mendownload video YouTube. Namun, yang perlu Anda ingat, video atau film yang Anda download mungkin mengandung hak cipta.

Jadi, gunakan sebijak mungkin. Kalau bisa manfaatkan video untuk pribadi seperti untuk hiburan semata atau belajar. 

Jangan sampai Anda memperjualbelikan atau memodifikasi video yang didownload untuk reupload ke YouTube karena Anda bisa kena tuntutan hukum jika si empunya karya mengetahui perbuatan Anda.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

10 Contoh Kalimat Aksara Jawa Yang Menggunakan Pasangan

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya