8 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

Lidah buaya atau Aloe Vera merupakan salah satu tanaman yang sangat populer di dunia, terutama untuk kesehatan tubuh.
Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 300 spesies tanaman aloe. Namun hanya Aloe Vera atau Aloe barbadensislah yang paling dikenal dan dimanfaatkan secara luas oleh manusia.

Tanaman hijau berbentuk lancip ini tumbuh secara alami di daerah beriklim tropis dan kering seperti Asia, Afrika, Eropa serta wilayah selatan dan barat Amerika Serikat.

Lidah buaya rupanya sudah terkenal manfaatnya selama ribuan tahun. Di banyak tempat misalnya  Mesir, Tiongkok, India, Meksiko dan Amerika Utara  telah mengenal dan  menggunakan lidah buaya selama waktu tersebut. Gel dan cairan yang terkandung dalam Aloe vera dimanfaatkan untuk pengobatan herbal.

Berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh antara lain,
Sebagai bahan obat-obatan, kosmetik dan makanan

Lidah buaya memiliki daun yang tebal yang mampu menyimpan air. Masing-masing daun tersebut terdiri dari jaringan-jaringan tipis yang biasa disebut gel.

Gel-gel inilah yang mengandung senyawa bioaktif seperti vitamin, antioksidan, mineral dan asam amino.

Kandungan senyawa-senyawa yang bermanfaat tersebut membuat tanaman ini digunakan secara luas dalam bidang industri obat-obatan, kosmetik dan makanan.

Mencegah dan mengatasi infeksi akibat bakteri

Aloe Vera atau lidah buaya, terutama gel nya, mengandung antioksidan yang ampuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri tertentu yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh manusia.

Mengatasi luka bakar

Seperti yang sering Anda lihat, lidah buaya lebih sering digunakan pada permukaan kulit daripada dimakan.

Khasiat lidah buaya untuk kesehatan kulit yang sangat dikenal misalnya mengatasi luka bakar pada kulit akibat terkena sengatan sinar matahari.

Membantu mengurangi plak gigi

Gigi keropos dan gusi bengkak merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada masyarakat. Untuk itu harus dilakukan tindakan preventif dengan cara mencegah terbentuknya plak pada gigi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa obat kumur dari lidah buaya terbukti efektif mencegah munculnya plak gigi yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus dan jamur Candida albicans.

Membantu proses penyembuhan kanker mulut

Banyak orang yang mengalami kanker mulut. Biasanya, kanker ini terbentuk di dalam mulut khususnya di bawah bibir.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengobatan menggunakan Aloe Vera mampu mempercepat penyembuhan luka pada mulut dan mengurangi rasa sakit akibat kanker tersebut.

Membantu mengurangi sembelit atau konstipasi

Lidah buaya sering dipakai untuk mengatasi sembelit. Bagian lateks pada Aloe vera memiliki efek laksatif yang kuat sehingga membuatnya sangat bermanfaat untuk mengobati sembelit.

Membantu mencegah penuaan dini

Walaupun menjadi tua merupakan sebuah kepastian, tapi masih banyak orang yang khawatir akan penuaan dini. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan memanfaatkan tanaman lidah buaya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen dan kekenyalan kulit dalam waktu 90 hari.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk semakin memperkuat hasil tersebut.

Mungkin dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh

Lidah buaya juga terkenal akan kemampuannya dalam pengobatan diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya kemungkinan dapat membantu mengatur kadar gula dalam tubuh.

Namun, khasiat lidah buaya untuk diabetes tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah tanaman ini benar-benar mampu mengurangi kadar gula.

Kesimpulan

Lidah buaya atau Aloe Vera mengandung zat-zat unik yang bermanfaat untuk terapi kesehatan tubuh manusia.

Lebih khusus lagi dalam penanganan masalah kesehatan kulit dan gigi yang sudah terbukti khasiatnya dalam beberapa penelitian.

Jika Anda ingin memperoleh manfaat kesehatan dari lidah buaya, Anda bisa menanamnya di halaman rumah. Tidak perlu halaman luas, Anda dapat menanamnya di pot.

Tapi, kalau Anda tidak mau repot-repot menanam, Anda bisa membeli berbagai produk olahan lidah buaya mulai dari gel lidah buaya, jus lidah buaya, suplemen, minyak hingga bubuk.

Terakhir, sebelum menggunakan lidah buaya, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu kepada dokter atau ahli kesehatan yang lebih kompeten.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Tembung Saroja Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh-Contohnya