Tentang Adenium....Asalnya Dari Asia Barat Tapi Dinamakan Kamboja Jepang

Halo dulur,

Jadi, ceritanya saya ini sering melihat bunga ini di pinggir jalan setiap kali melintas. Entahlah, mungkin banyak orang suka dengan bunga yang satu ini. Namanya bunga Adenium. Mungkin Anda juga sering mendapati bunga ini ada di depan rumah tetangga atau yang sering Anda lewati.
bunga tanaman hias adenium, kamboja jepang
Foto Bunga Adenium yang saya ambil di depan bekas counter HP di daerah Sukoharjo, Jawa Tengah.
Selain indahnya bunga, bentuk batang pohon Adenium ini juga sangat menarik mata. Mirip seperti bonsai. Dan kayaknya bisa dibentuk sedemikian rupa.

Bunga ini konon berasal dari Aden Yaman dan itulah kenapa dinamakan Adenium. Tapi ternyata ada salah kaprah dalam penamaannya. Di Indonesia, bunga Adenium sering disebut Kamboja Jepang. Kenyataannya, bunga cantik ini bukanlah bunga dari Jepang melainkan dari Asia Barat dan Afrika, termasuk Aden tadi.

Bahkan di daerah asalnya, Adenium malah dinamakan Mawar Padang Pasir alias Desert Rose. 

Aneh ya....

Tanaman bunganya berasal dari jazirah Arab dan Afrika, tapi namanya Kamboja Jepang.

bahaya getah tanaman adenium
Bunga tanaman Adenium yang cantik di sebuah kebun.
Namanya memang menarik seperti Kamboja Jepang atau Mawar Padang Pasir. Tapi, ada yang cukup menarik juga untuk Anda ketahui.

Adenium ternyata memiliki banyak gatah yang mengandung racun. Menariknya, racun tersebut mematikan sehingga orang-orang Afrika menggunakannya sebagai racun panah untuk berburu binatang.

Jika tidak hati-hati, racun getah adenium bisa menimbulkan efek seperti mual, muntah, mengantuk denyutan nadi melemah, tekanan darah menurun, keletihan, sakit perut, mata berkunang-kunang, bahkan sampai menyebabkan kematian jika sudah parah.

Jadi, kalau ingin memiliki dan merawat tanaman Adenium, sebaiknya memakai sarung tangan untuk menjamin keamanan dan kesehatan tubuh. Jangan lupa cuci tangan setelah perawatan tanaman ini.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Tembung Saroja Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh-Contohnya