SUTET, Apakah Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia?

Anda pastinya sering melihat menara yang sangat tinggi saling berjajar dengan kabel terbentang hingga jauh. Biasanya melintasi area pertanian hingga pegunungan. Menara tersebut dinamakan Saluran Udara Tegangan Tinggi atau biasa disingkat SUTET.
bahaya sutet
Foto menara SUTET dengan background langit biru yang saya ambil di sebuah area persawahan desa.
Memang kelihatannya SUTET begitu menarik didekati atau dilihat. Tapi ternyata kita harus menghindari bangunan ini. Apalagi jika ingin mendirikan bangunan. Kenapa?

Listrik, seperti yang ada pada SUTET mengandung energi magnetik. Kalau manusia terlalu dekat, maka akan semakin terpapar gelombang magnet tersebut. Akibatnya, kesehatan tubuh pun bisa terganggu.

jarak aman SUTET
Foto SUTET yang saya ambil pada sore hari.
Oleh karena itu, pendirian bangunan yang daerahnya dilalui SUTET harus memenuhi aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM).

Jarak aman antara bangunan dengan SUTET menurut Peraturan Menteri Nomor 18/2015 yang menggantikan aturan sebelumnya, yakni Peraturan Menteri ESDM Nomor 01.P/47/M.PE/1992 tentang ruang bebas dan jarak bebas minimum pada SUTET berkisar antara 4 meter hingga 22 meter. Ini tergantung dari besarnya tegangan masing-masing SUTET.


Sednagkan untuk tinggi bangunan yang diatasnya dilalui kabel SUTET harus memiliki tinggi antra 7 sampai 8 meter untuk memberikan ruang bebas dari ayunan kabel pada saat angin. Begitu juga untuk menjaga jarak aman menghindari dampak kabel SUTET putus.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Tembung Saroja Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh-Contohnya