Angkringan TVRI Jogja, Lawak Bahasa Jawa Lucu Yang Bikin Ketagihan

Di kala hati sedang bosan dengan segala rutinitas harian, kita pastinya membutuhkan hiburan. Salah satunya menonton acara komedi atau lawak. Komedi dapat dengan mudah ditemui melalui berbagai media seperti televisi, radio dan sekarang internet. Ada juga acara-acara lawak yang digelar secara secara off air yang biasanya juga menarik banyak penonton.

Jika berbicara mengenai acara-acara lawak di televisi, kita pastinya lebih sering disuguhi program televisi ibukota dengan dominasi lawakan khas ibukota dengan bahasa gaul atau bahasa Betawi. Tapi untuk konten lawak berbahasa Jawa atau bahasa-bahasa daerah lainnya sudah sangat jarang dijumpai.

Maka dari itu, peran televisi-televisi lokal menjadi sangat penting saat ini. Jika ingin melestarikan bahasa daerah ya..harus membuat program acara dengan bahasa daerah masing-masing, termasuk acara lawak. 

Khusus untuk acara lawak berbahasa Jawa, ada satu stasiun televisi yaitu TVRI Jogja yang masih konsisten menampilkan acara komedi berbobot dengan mayoritas menggunakan bahasa Jawa. Acara ini bernama Angkringan.


Lawak “Angkringan” ini bukan sembarang lawakan seperti yang sering dijumpai di beberapa program lawak stasiun televisi nasional yang hanya menunjukkan sisi hiburan saja tapi kurang dalam hal pendidikan.

Angkringan menampilkan lawakan berbahasa Jawa tapi dengan tema-tema tertentu yang di dalamnya terdapat unsur-unsur pendidikan. Jadi, bukan hanya tontonan tapi juga tuntunan.

Angkringan mungkin dipilih karena ini merupakan salah satu warung khas di Jawa khususnya di daerah Jogja dan Solo. Selain angkringan, ada juga yang menyebutnya “wedangan” atau “hik”. Di sinilah tempat berkumpulnya berbagai macam tipe orang yang saling bercengkerama dan bertukar pikiran. Ngobrol santai sambil menghisap rokok, minum kopi, teh atau sekadar makan aneka makanan yang tersaji di meja angkringan.

Dan inilah yang disajikan di acara lawak “Angkringan” TVRI Jogja. Berbagai tokoh dengan masing-masing karakternya mampu membuat gelak tawa penonton pecah. Tentunya, bukan penonton bayaran ya. Konon, untuk bisa menyaksikan langsung acara Angkringan, harus rela antri. Penontonnya pun dari berbagai kalangan dari pelajar hingga dewasa.

lawak bahasa jawa lucu

Masing-masing tokoh dalam lawak “Angkringan” tersebut bakal membuat Anda sangat terhibur. Lawakan khas Jawa yang sudah sangat jarang kita lihat saat ini.

Sayangnya, TVRI Jogja hanyalah stasiun penyiaran TVRI yang lingkupnya hanya daerah Jogja dan sekitarnya. Jadi, untuk orang-orang yang berada diluar area tersebut bakal menemui kesulitan untuk mengakses acara lawak jawa yang lucu ini.

Namun, TVRI sedang berbenah. Khususnya, TVRI Jogja, mereka sudah memiliki channel Youtube sendiri sehingga orang-orang Jawa dapat mengakses acara-acara TVRI Jogja utamanya Angkringan dengan mudah.

Anda dapat menonton lawak bahasa Jawa “Angkringan” melalui channel TVRI Yogyakarta Streaming atau TVRI Yogyakarta Official.

Dijamin Anda ketagihan dan dapat melepas rindu akan kampung halaman.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

10 Contoh Kalimat Aksara Jawa Yang Menggunakan Pasangan