7 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran Anda

Tentu Anda sudah sangat kenal dengan buah alpukat. Buah berwarna hijau dengan daging buah hijau kekuning-kuningan ini sering kita jumpai pada penjual jus atau makanan sehat. Dan mungkin juga, Anda sangat gemar makan buah alpukat ini.

Bukan hanya nikmat untuk dikonsumsi tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa buah alpukat mengandung nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh.

Alpukat sebagai makanan super

manfaat alpukat untuk kesehatan

Buah alpukat kaya akan kandungan nutrisi dan lemak sehat antara lain asam oleat, lutein, folat, vitamin E, lemak tak jenuh tunggal dan glutathione. Karena kaya akan nutrisi, para ahli percaya bahwa alpukat dapat membantu tubuh dari berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, mata degeneratif, dan penyakit otak.

Inilah lima manfaat buah alpukat bagi kesehatan

Alpukat untuk ibu hamil

Buah alpukat kaya akan serat dan kandungan nutrisi seperti folat, asam lemak tak jenuh, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan potasium (kalium). Kandungan lemak tak jenuh yang sehat dan potasium pada alpukat membuat buah ini menjadi pilihan tepat untuk ibu hamil.

Lemak sehat pada alpukat dapat membantu perkembangan otak dan kulit. Sementara folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf. Sedangkan potasium dapat membantu meringankan kram kaki yang merupakan efek samping kehamilan bagi beberapa wanita.

Kandungan asam oleat pada alpukat dapat membantu menciptakan dan melindungi myelin, lapisan pelindung lemak di sekitar saraf pada sistem saraf pusat.

Alpukat untuk kesehatan bayi

Sebagai salah satu makanan super, alpukat juga sangat baik untuk nutrisi bayi. Kandungan lemak baik pada buah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol jahat.

Serat pada alpukat dapat membantu mencegah sembelit pada bayi. Biasanya, alpukat yang sudah dihaluskan dapat dibuat puding yang dicampur dengan susu atau yoghurt.

Buah alpukat juga bagus untuk kesehatan kulit

Bukan hanya untuk kesehatan ibu hamil dan bayi, buah alpukat ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Alpukat dapat membantu menjadikan kulit menjadi tampak lebih bercahaya.

Kandungan minyak alami pada alpukat dapat membantu menjaga kelembaban kulit sehingga menjadi lebih bercahaya.

Alpukat juga kaya akan vitamin C, E dan lutein yang mengandung zat anti peradangan dan anti penuaan dini.

Alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut

Anda tahu, lemak pada alpukat biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan shampo untuk menjaga kelembaban rambut. Lemak tersebut dapat membantu rambut tetap sehat, tidak mudah kusut dan berkilau.

Bisa dibilang, alpukat merupakan kondisioner alami yang bisa Anda dapatkan dan buat sendiri di rumah.

Manfaat-manfaat lain alpukat untuk rambut antara lain membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut bercabang.

Ingin wajah tetap halus dan bersinar? Makan alpukat….

Seperti yang sudah Anda ketahui, alpukat mengandung vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit. Selain itu, alpukat juga mengandung pelembab alami dan zat antioksidan yang membantu mencegah kulit kering, khususnya kulit pada wajah.

Selain memakannya, Anda dapat menjadikan daging alpukat sebagai masker wajah. Daging alpukat yang sudah dihaluskan ditempelkan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Bukan hanya dagingnya saja, kulit alpukat juga dapat membantu melembabkan kulit wajah. Caranya dengan menggosokkan kulit alpukat tersebut pada wajah dengan lembut.Biarkan selama kira-kira 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Alpukat untuk diet sehat

Bagi Anda yang sedang diet, dapat mengonsumsi buah alpukat untuk melepas rasa lapar dan mencegah keinginan untuk makan makanan berlemak tinggi dan tidak sehat. Anda dapat juga menambahkan alpukat pada salad untuk menambah asupan nutrisi.

Alpukat untuk menambah mood

Alpukat juga dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin menambah mood. Kandungan asam folat pada alpukat dapat membantu menyeimbangkan hormon. Ada juga asam lemak omega 3 yang dapat membantu meningkatkan hormon dopamin yaitu hormon yang dapat menambah mood.

Sekarang, Anda mungkin sudah mempertimbangkan untuk mengonsumsi buah alpukat demi kesehatan yang lebih baik. Saran terbaik adalah hubungi ahli gizi atau nutrisionis terdekat untuk mengetahui bagaimana dosis yang tepat untuk mengonsumsi alpukat tersebut.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)