Ketindihan Makhluk Halus? Ini Dia Penjelasan Medisnya....

Beberapa hari yang lalu, di siang hari, saya tidur siang di kamar. Pada waktu tidur jendela saya buka biar terang. Begitu masuk tidur, beberapa menit kemudian saya tidak dapat menggerakkan badan saya namun pikiran tetap sadar. Rasa takut menghantui saya. Kemudian saya juga mendengar suara tangisan anak kecil. Bertambah takut saya. Saya pun berusaha keluar dari ketidakberdayaan tubuh saya dengan mencoba menggerak-gerakkan tubuh saya mulai tangan hingga kaki. Akhirnya berhasil dari kondisi ketindihan ini.

Saya pun pernah juga mengalami ketindihan. Tapi sudah sekitar sepuluh tahun lalu, ketika saya masih bekerja di pabrik. Saya sebagai operator bekerja selama dua belas jam sehari. Kadang satu bulan hanya sekali libur. Pada waktu shift malam, siang pun untuk tidur. Pada waktu tidur itulah saya mengalami ketindihan. Badan sulit sekali bergerak, ada suara-suara bisikan aneh dan suara langkah kaki. Begitu menakutkan dan membuat saya ingin berteriak tapi tidak bisa. Saya pun berusaha berontak dengan menggerakkan anggota tubuh saya dan akhirnya keluar dari ketindihan.

Ketindihan makhluk halus?

Pada waktu itu saya percaya bahwa saya ketindihan makhluk halus karena begitu nyata. Saya mendengar suara-suara menakutkan itu. Tapi yang aneh, teman-teman saya satu kamar kos tidak ada yang mengalami ketindihan. Hanya saya dan terjadi beberapa kali. Selama bertahun-tahun saya masih meyakini bahwa ketindihan itu merupakan peristiwa dimana kita ditindih makhluk gaib.

Tapi setelah saya mencari-cari penyebab ketindihan, ternyata secara medis, ada penjelasan ilmiah di baliknya. Namanya, sleep paralysis.

Apa itu sleep paralysis?

ketindihan jin

Pada saat tidur mengalami kelumpuhan dinamakan sleep paralysis. Sleep paralysis merupakan sebuah kondisi dimana kita setengah sadar dan setengah mimpi. Tahap tidur mimpi biasa disebut rapid eye movement. Tahap tidur mimpi ini yang sangat penting bagi otak kita. Kemampuan konsentrasi, analisa, kreatifitas, stabilitas emosional dijaga pada tahap tidur ini. 

Jika sangat kekurangan tidur maka bisa setengah sadar, setengah mimpi. 

Sehingga apa yang terjadi?

Ada halusinasi misalnya kita merasa ada sosok lain di dekat kita. Misalnya melihat ada sepasang mata seakan-akan marah dan menindih badan. Atau mendengar suara-suara aneh misalnya suara-suara anak atau suara bisikan atau yang hal-hal aneh dan menakutkan lainnya.

Yang kedua adalah pada tahap tidur mimpi ada mekanisme pengaman tubuh dimana tubuh supaya tubuh tidak bergerak-gerak mengikuti skenario mimpi, tubuh dibuat lumpuh sehingga setengah dan sadar setengah, mimpi melihat yang menakutkan tidak bisa bergerak.

Sleep paralysis atau ketindihan merupakan peringatan bahwa tubuh sangat kekurangan tidur sehingga tingkat konsentrasi dan performance menurun.

Macam-macam dan penyebab sleep paralysis

Tidak selarasnya antara mekanisme otak dan tubuh pada saat tidur. Pada saat tidur otot-otot mungkin sudah rileks sedangkan pikiran masih tetap sadar dan akhirnya mengalami hal-hal seperti sulit bernapas, tidak bisa bergerak, tidak bisa berbicara dan biasanya muncul rasa takut.

Sleep paralysis dibagi menjadi dua bagian

Hypnagogic sleep paralysis yang biasa terjadi pada orang yang sebelum masuk tahap tidur sepenuhnya. Kesadaran belum hilang sepenuhnya sehingga tidak dapat menggerakkan anggota tubuh, berbicara bahkan mengalami ketakutan.

Hypnopompic sleep paralysis yang terjadi ketika seseorang tersadar pada akhir masa tidur. Masa tidur ada dua macam yaitu masa tidur non rapid eye movement (NREM) dan rapid eye movement (REM). Ketika seseorang tersadar sebelum masa REM berakhir maka dapat terjadi sleep paralysis.

Orang-orang yang mengalami sleep paralysis
  • Orang-orang pada usia remaja
  • Orang-orang yang tidur pada posisi terlentang
  • Orang-orang yang mengalami stres berlebih, bipolar, dan menyalahgunakan obat-obatan
Bagaimana cara mengurangi atau mengatasi sleep paralysis

Istirahat yang cukup

Awali kehidupan dengan tidur yang sehat. Kalau tidur sehat, bangun tubuh menjadi segar, mood baik. Tapi, jika kurang tidur, masalah kecil pun rasanya sangat berat. Jadi, usahakan mendapatkan tidur yang cukup dan pola tidur harus tepat waktu.

Mengubah pola hidup

Jalankan pola hidup sehat seperti menjauhi minuman beralkohol dan mengurangi konsumsi kafein. Kurangi stres berlebih untuk mengatasi sleep paralysis misalnya dengan meditasi atau yoga.

Cara mencegah sleep paralysis sebelum tidur
  • Usahakan tidur tepat waktu secara teratur
  • Usahakan tubuh dan pikiran rileks
  • Sebelum tidur, sebaiknya membasuh muka terlebih dahulu. Bagi muslim, bisa berwudhu.
  • Tidurlah dengan posisi miring
Sejauh ini, saya lebih percaya pada penjelasan ilmiah daripada mitos yang berkembang di masyarakat. Mengapa? Berdasarkan pada pengalaman sewaktu kerja dulu, memang kondisi saya sangat letih. Bayangkan bekerja selama dua belas jam sehari, setiap hari. Jadi, mungkin saya pada waktu itu tidak bisa menjaga pola tidur saya.

Sedangkan kejadian ketindihan beberapa hari lalu, saya juga merasakan kelelahan yang sangat. badan terasa berat. Inilah yang memperkuat alasan saya memilih percaya pada penjelasan secara medis.

Namun, saat ini, saya lebih sering berdoa dan berpikir positif sebelum tidur untuk mencegah terjadinya ketindihan.

Bagaimana dengan Anda, ketindihan itu mitos atau lebih sekadar gangguan tidur saja?

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)