Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak, Apakah Bisa?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahasa Inggris merupakan bahasa yang secara luas digunakan sebagai bahasa pergaulan antarbangsa. Kita bisa saling berkomunikasi dengan orang dari negara-negara lain menggunakan bahasa Inggris.

Negara-negara besar saat ini, “yang katanya polisi dunia” Amerika Serikat memakai bahasa Inggris. Begitu juga dengan Kanada. Jangan lupakan Inggris yang menguasai dunia selama berabad-abad dengan wilayah koloni yang sangat luas di seluruh dunia. Ini menjadikan bahasa Inggris memang pantas menjadi bahasa lingua franca. Meskipun secara populasi, penutur bahasa Inggris bukanlah yang terbanyak di dunia.

Dalam dunia teknologi seperti internet, komputer hingga bahasa pemrograman kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Jadi paling tidak harus mengerti tentang beberapa kata-kata atau kalimat bahasa Inggris walaupun tidak banyak.

Anda dan saya, pasti sudah sangat mengenal film-film produksi Hollywood. Sudah pasti juga, bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Inggris. Meskipun, ketika datang ke negara lain sering menggunakan subtitle, tapi tetap saja kita harus melihat dan mendengar para aktor berbicara bahasa Inggris.

Dalam bidang-bidang lain, bahasa Inggris juga masih sangat penting sebagai bahasa komunikasi misalnya pariwisata atau olahraga.

Begitu pentingnya bahasa Inggris dalam pergaulan internasional menjadikannya salah satu bahasa yang harus dipelajari. Di sekolah-sekolah, universitas-universitas hingga lembaga pendidikan sudah memasukkan bahasa Inggris ke dalam kurikulum mereka. Bahkan kursus-kursus bahasa Inggris pun juga tidak sedikit di negeri ini.

Namun, tidak semua orang memiliki biaya untuk membayar kursus bahasa Inggris atau kuliah sastra Inggris. Salah satu alternatif, belajar sendiri alias otodidak.

metode belajar bahasa inggris otodidak

Ketika Anda memiliki ketertarikan belajar bahasa Inggris dan menguasainya, Anda sebaiknya memahami apa tujuan Anda belajar bahasa ini.

Jika ingin menjadi sastrawan, penulis atau penerjemah atau lulus TOEFL mungkin belajar bahasa Inggris formal lebih tepat.

Maksudnya, Anda akan belajar secara lebih mendalam misalnya grammar. Di sini, Anda akan belajar berbagai macam jenis tenses yang sering membuat bingung. Caranya, Anda harus masuk ke perguruan tinggi dengan fakultas sastra Inggris. Atau, belajar di lembaga kursus bahasa Inggris.

Alasan kedua, Anda ingin melakukan kegiatan bisnis atau liburan ke luar negeri.

Tentu saja, Anda tidak perlu belajar secara formal. Anda bisa belajar mendengarkan kata-kata atau kalimat-kalimat yang sering dituturkan penutur aslinya.

Alasan kedua inilah yang ingin saya bahas.

Belajar bahasa Inggris secara otodidak bagi bisa jadi terasa lebih menyenangkan. Anda tidak perlu repot menghafal nama-nama tenses atau tugas-tugas tetek bengek dari dosen atau guru. Andalah yang menentukan apa yang ingin Anda pelajari.

Dari pengalaman saya pribadi, meskipun belum lancar, mendengarkan (listening) dan meniru (imitating) sangat menarik ketika belajar bahasa Inggris secara otodidak. Anda mendengarkan penutur asli bahasa Inggris secara seksama kemudian meniru cara mereka berbicara. Anda tidak harus mengetahui artinya terlebih dahulu.

Anda pasti sering melihat seorang anak kecil balita atau bahkan pernah mengalami di waktu kecil Anda, menirukan kata-kata orang tuanya. Meskipun belum lancar atau salah, tapi dia sudah melakukan listening dan imitating. Apalagi grammar dan lain-lainnya. Anak kecil dapat mengucapkan beberapa kata, kemudian berbicara beberapa kalimat. Demikian secara berangsur-angsur hingga dewasa menguasai bahasa ibu mereka.

Inilah tujuan belajar bahasa Inggris dengan cara listening dan imitating. Anda mendengarkan pembicaraan atau obrolan penutur asli bahasa Inggris layaknya orang tua Anda. Kemudian Anda menirunya berulang-ulang sampai bisa.

Dan itu dapat Anda pelajari melalui video. Sekarang ini, Anda dapat dengan mudah mengakses video-video di Youtube. Jika Anda ingin mengasah kemampuan berbicara bahasa Inggris secara otodidak Anda bisa menonton :

Serial kartun anak

Anggaplah diri Anda seorang anak kecil yang baru belajar berbicara. Kemudian Anda melihat dan mendengarkan kartun anak-anak secara seksama. Setelah itu, berusaha menirukan seperti apa yang mereka bicarakan baik intonasi hingga ekspresi.

Saya pribadi masih menggunakan cara ini. Saya sering melihat kartun seperti Peppa Pig dan PJ Masks (konyol ya hahaha). Saya bisa belajar kata-kata  dan kalimat-kalimat Bahasa Inggris yang sederhana. Tapi inilah, saya harus belajar sebagai pemula dan sebagai anak kecil. Selain buat hiburan tapi juga dapat mengasah kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Film-film bahasa Inggris

Kebanyakan memang dari Hollywood. Tapi dari film-film tersebut Anda bisa belajar, mendengarkan kemudian menirukan cara bicara mereka. Anda dapat dengan mudah mendapatkan video-videonya melalui Youtube.

Talkshow

Anda suka acara talk show? Kenapa tidak mencoba cara ini untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak?

Dalam sebuah acara talk show TheEllenShow, ada seorang perempuan imigran dari negara Latin. Sewaktu di Amerika, dia mengerti bahkan berbicara bahasa Inggris kecuali satu dua kata. Namun, kegemarannya menonton acara talk show membuatnya memahami dan mampu berbicara bahasa Inggris.

Itulah metode belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan metode listening dan imitating. Bagi Anda yang ingin bisa berbicara bahasa Inggris maka materi ini mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Mungkin bukan yang terbaik. Tapi siapa tahu Anda dapat “ngomong” bahasa Inggris seperti penutur aslinya. :))

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa