5 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini, Lakukan Kebiasaan-Kebiasaan Ini....

I’ve had people in the family, male and female, impacted by heart disease. But people can prevent it.
Laila Ali
Berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia PBB, WHO, pada tahun 2012 silam, penyakit kardiovaskuler merenggut 17,5 juta jiwa, 31% dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia. Sebanyak 6,7 juta kematian di antaranya akibat penyakit jantung koroner.

Yang lebih menakutkan, ternyata ¾ kasus kematian akibat penyakit kardiovaskuler ada di negara-negara berkembang dengan penghasilan rendah hingga sedang.

Sementara itu, seperti dilansir situs DEPKES RI, penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak setelah stroke.

Namun, Anda dapat mencegahnya mulai sekarang. Gaya hidup merupakan salah satu cara terpenting dalam pencegahan dan penanganan penyakit jantung, selain penggunaan obat-obatan tentunya.

tips mencegah penyakit jantung koroner

Pertama, usahakan menjaga diet sehat. Diet sehat disini maksudnya rendah lemak, rendah sodium, dan tinggi serat.

Anda sebaiknya memperhatikan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Kurangi pemakaian minyak dalam setiap olahan makanan. Artinya, Anda harus mengurangi konsumsi makanan yang digoreng. Konsumsi banyak sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi asupan serat dalam tubuh. Anda juga sebaiknya menghindari makanan olahan sebanyak mungkin. Kurangi konsumsi makanan berlemak seperti daging merah.

Anda juga harus memperhatikan daftar nutrisi dan bahan-bahan pada setiap makanan yang Anda beli. Misalnya, makanan yang rendah sodium mengandung 200 miligram atau kurang per saji. Sementara, batas normal asupan sodium setiap hari antara 1.200 sampai 1.500 miligram atau setara setengah sendok teh.

Perhatikan juga kandungan lemak trans pada makanan Anda. Akan lebih baik jika makanan tidak mengandung lemak trans. Namun, Anda juga perlu berhati-hati karena kemungkinan ada produk makanan yang tidak mencantumkan lemak trans pada label.

Asupan lemak pun sebaiknya juga dibatasi, yaitu tidak lebih dari 30% dari total kalori Anda sepanjang hari.

Hentikan kebiasaan merokok. Merokok sering dikaitkan dengan satu dari lima kematian akibat penyakit jantung. Zat-zat yang terkandung pada rokok dapat merusak pembuluh darah, mengurangi aliran oksigen ke jantung dan meningkatkan tekanan darah.

Jika Anda bukan perokok, sebaiknya menjaga jarak atau menjauh dari paparan asap rokok. Jika Anda seorang perokok aktif, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Lakukan gaya hidup aktif. Berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Bagi sebagian orang, pergi ke pusat kebugaran atau gym secara rutin menjadi gaya hidup sehat mereka. Tapi, bagi sebagian yang lain, cara itu tidak sesuai dengan selera mereka. Artinya, mereka memilih olahraga atau aktivitas lain. Lakukan olahraga sedikitnya 30 menit hingga satu jam setiap hari.

Aktivitas fisik sedang selama 30 menit untuk menjaga kesehatan jantung sangat direkomendasikan para ahli.

Jaga berat badan. Anda pasti sudah sangat mengetahui bahwa berat badan yang sehat sangat penting untuk mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit stroke. Berat badan sehat juga membantu mengendalikan tekanan darah.

Kurangi stres. Ketika Anda mengalami stres, otak akan mengeluarkan beberapa hormon. Beberapa pendekatan yang sudah terbukti berhasil mengurangi stres antara lain meditasi, yoga, olahraga hingga makan makanan sehat.

Jika Anda sering mengalami stres akibat pekerjaan atau hal-hal lainnya, Anda bisa melakukan kegiatan yang dapat mengontrol dan mengendalikan pikiran. Meditasi dan Yoga menjadi pilihan yang sekarang ini menjadi tren di masyarakat.

Selain lima tips di atas, istirahat dengan cukup dan menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol juga menjadi langkah tepat untuk mencegah penyakit jantung.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa