4 Cara Menghilangkan Komedo Yang Dapat Anda Lakukan Di Rumah

Wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang paling mendapat perhatian dalam penampilan seseorang. Ada masalah pada wajah seperti wajah berminyak, jerawat, dan komedo dapat mengganggu penampilan dan bahkan mengurangi rasa percaya diri.

Meskipun banyak terjadi di wajah (karena memang sering terlihat), komedo juga dapat muncul pada bagian tubuh lain seperti di punggung, bahu, leher, dada, dan lengan.

Sebagian orang, merasa sangat tidak nyaman meskipun tampaknya sepele sehingga menjadikan komedo harus segera mengatasi masalah komedo.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo pada wajah?

Berbagai cara digunakan untuk menangani komedo baik itu dengan produk-produk kosmetik hingga cara-cara alami.

Sebagian orang mulai semakin melirik penggunaan cara-cara alami untuk menghilangkan komedo karena meyakini tidak ada efek samping negatif jika dibandingkan dengan produk-produk kosmetik pabrikan.

Penggunaan bahan-bahan seperti pasta gigi (odol), baby oil, putih telur dan jeruk nipis sangat mudah didapatkan serta dapat langsung digunakan di rumah.

Apakah pasta gigi bisa menghilangkan komedo?

Pasta gigi dianggap efektif membantu menghilangkan komedo pada wajah. Pasta gigi mengandung bahan-bahan yang dapat mengeringkan kulit misalnya  mentol, triclosan, alkohol, hidrogen peroksida dan soda kue.

Triclosan merupakan agen antibakteri yang dapat membantu mengeringkan minyak berlebih yang terperangkap dalam pori-pori kulit.  Sedangkan mentol dapat membantu membuka pori-pori kulit wajah yang tersumbat dan membunuh bakteri.

Bagaimana caranya?

cara mengatasi komedo murah

Oleskan pasta gigi pada bagian yang ada komedonya. Diamkan selama lima menit hingga mengering.

Lalu berikan beberapa tetes air dan pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Bilas dengan air.

Terakhir, gosokkan es batu pada bagian yang sudah pijat.

Ulangi cara ini setiap hari. Sebaiknya jaga kelembaban kulit setelah penggunaan pasta gigi.

Namun, hasilnya bervariasi tergantung dari jenis kulit dan kondisi komedo itu sendiri.

Bahan-bahan yang terkandung pada pasta gigi tetap tidak bisa menggantikan perawatan komedo melalui klinik kecantikan.

Jika Anda ingin solusi lebih baik, sebaiknya pergi ke dokter kecantikan.

Baby oil untuk menghilangkan komedo? Apa bisa?

Selain pasta gigi, baby oil juga dipercaya mampu menghilangkan komedo pada wajah. Kandungan vitamin E pada baby oil sudah terbukti mampu membantu menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit dari iritasi.

Caranya?

Pertama, rendam handuk pada air hangat lalu bilaskan pada wajah. Air hangat berfungsi membantu membuka pori-pori dan mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah.

Kedua, celupkan kapas pada baby oil kemudian oleskan pada kulit yang berkomedo.

Terakhir, supaya baby oil dapat meresap ke kulit wajah dengan baik, sebaiknya pijat dengan lembut.

Tentu saja, penggunaan baby oil tidak serta merta cocok untuk semua orang. Untuk hasil lebih baik, jika komedo parah, sebaiknya konsultasi kepada ahli kecantikan terdekat.

Putih telur juga dipercaya mampu menghilangkan komedo

Putih telur kaya akan vitamin, protein dan albumin yang membantu mengencangkan pori-pori kulit wajah. Dengan begitu, komedo dapat terserap secara alami ke permukaan kulit.

Anda dapat menghilangkan komedo dengan cara seperti ini.

Pertama, cuci wajah dengan air hangat kemudian bilas dengan handuk.

Kedua, siapkan putih telur dan dua sendok madu lalu kocok dalam mangkuk kecil. Oleskan campuran putih telur dan madu tersebut pada wajah dengan kuas foundation. Biarkan sekitar 20-30 menit hingga mengering.

Ketiga, bilas dengan air hangat.

Jeruk nipis mampu mengatasi komedo? Benarkah?

Jeruk diyakini mengandung zat antibiotik alami yang dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat dan komedo. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan pada jeruk dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah jerawat dan mengatasi minyak berlebih.

Banyak cara mengatasi komedo dengan jeruk nipis, salah satunya mencampurkannya dengan garam.

Siapkan perasan jeruk nipis dan garam dengan perbandingan 1:1. Oleskan dan gosokkan pada area yang berkomedo secara lembut dan perlahan. Biarkan sampai mengering. Kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini minimal dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

Namun, jika Anda sudah berusaha menggunakan cara-cara di atas dan belum berhasil juga sebaiknya pergi ke dokter ahli kecantikan untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sandhangan Wyanjana Dalam Tulisan Jawa