Jangan Sampai Malas, Ini Dia 4 Tips Agar Anda Rajin Olahraga

Olahraga sudah menjadi rutinitas saya, maksimal empat kali seminggu. Ini sudah saya lakukan kira-kira tiga bulan terakhir ini. Mengapa saya bisa begitu rutin berolahraga? Bermula dari sering menonton video di Youtube mengenai cara membuat badan berisi tanpa alat di rumah, saya menemukan beberapa channel yang sangat menarik dan saya subscribe.

Dari video-video mereka, saya baru sadar bahwa olahraga tidak harus selalu ribet. Kita bisa menggunakan apa saja yang ada di sekitar kita untuk berolahraga. Misalnya, dalam satu channel, ini yang menarik dan sudah saya praktikkan, pemilik channel tersebut menggunakan karet ban dalam bekas untuk melatih otot-otot tubuh.

Bukan hanya karet ban bekas saja, saya juga menemukan bahwa dengan memasukkan pasir, tanah atau batu di botol minuman, maka kita dapat menggunakannya sebagai pengganti dumbell. Trik ini cukup bagus untuk setidaknya membuat otot-otot lebih berkembang dan badan lebih berisi. Saya pun memakai ember yang diisi air sebagai beban untuk melatih otot bisep.

Bahkan, kita bisa melatih tubuh tanpa harus menggunakan beban misalnya push up dan sit up. Semuanya mudah dan murah tanpa harus pergi ke gym. Kita bisa melakukannya di rumah tanpa harus panas-panasan di luar.

Setelah melakukan olahraga secara rutin di rumah dengan cara-cara di atas, saya merasakan perubahan pada tubuh saya. Tubuh lebih terlihat berisi meski tidak seperti binaragawan. Namun, paling tidak badan sudah berbentuk hehehe.

tips rajin olahraga

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah rutin berolahraga? Atau masih malas untuk menggerakkan badan?

Ayolah dulur….

Bukankah sudah saya ceritakan di atas, olahraga tidak perlu mahal, tidak harus ke gym, tidak harus keluar rumah.

Jika Anda ingin memulai berolahraga secara rutin, mungkin tips di bawah ini akan sangat bermanfaat.

Kuatkan niat

Bisa karena biasa. Ini ungkapan sudah sangat sering kita dengar, bukan? Begitu juga dengan kegiatan olahraga. Saya tahu, sebagian orang akan sangat bersemangat di minggu-minggu pertama, tapi melempem di minggu-minggu berikutnya.

Maka dari itu, kuatkan niat terlebih dahulu. Buatlah komitmen dengan diri Anda sendiri. Buatlah jadwal yang sesuai dengan kegiatan yang Anda lakukan.

Sebagai contoh, saya memiliki jadwal olahraga setiap hari Senin-Selasa dan Kamis-Jumat. Biasanya saya melakukannya pada sore hari sepulang kerja. Masing-masing hari berbeda latihan.

Anda pun bisa melakukan olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda. misalnya, Anda cuma mampu olahraga joging ya lakukan itu. Mungkin Anda kuat push up dan sit up, Anda bisa melakukannya di rumah.

Sekarang kuatkan tekad dan komitmen Anda serta segera buat jadwal yang pas untuk berolahraga.

Tempat juga berpengaruh

Ya… tempat juga berpengaruh bagi kenyamanan Anda saat berolahraga. Jika Anda lebih menyukai olahraga di luar ruangan, mungkin olahraga seperti renang, lari, joging, sepakbola dan lain-lain cocok buat Anda.

Jika Anda seperti saya, yang lebih menyukai olahraga di rumah, Anda bisa memanfaatkan peralatan yang ada di rumah menjadi alat-alat olahraga. Silakan baca cerita saya di atas. Kalau Anda rela mengeluarkan sedikit anggaran, Anda bisa membeli alat-alat fitness sederhana seperti dumbell.

Jadi, tergantung pada Anda, mau olahraga di luar rumah atau di rumah saja. Asal Anda merasa nyaman.

Menonton tutorial di Youtube? Ide yang menarik…..

Anda tahu, Youtube menyimpan harta karun yang tak ternilai harganya. Anda bisa menonton ribuan video tutorial dari begitu banyak instruktur dari seluruh dunia.

Ini merupakan salah satu faktor yang memacu saya untuk berolahraga secara rutin. Saya menonton tutorial Tae Bo milik Billy Blanks dan melakukannya di rumah. Luar biasa. Bahkan, saya juga menonton video Berti Tilarso yang terkenal akan senam SKJ-nya itu.

Anda pun bisa. Silakan cari video-video tutorial yang sesuai dengan diri Anda. Praktikkan sesuai dengan jadwal yang sudah Anda buat.

Ingat niat dan komitmen Anda

Mungkin Anda sudah berolahraga secara rutin selama berbulan-bulan. Namun, ada saatnya semangat menurun. Bisa jadi karena masalah pekerjaan, sakit, atau masalah-masalah lainnya.

Ketika saat itu datang, ingat kembali apa tujuan dan komitmen Anda. Mengapa Anda ingin berolahraga?

Apakah Anda ingin menjaga kesehatan? Mencegah penyakit? Menurunkan berat badan? Ingin memiliki badan yang lebih berisi?

Atau… motivasi-motivasi lainnya yang membuat semangat Anda terbakar lagi.

Dengan begitu, anda akan kembali ke ‘jalan’ yang sudah Anda tetapkan di awal.

Itulah empat tips agar Anda rajin olahraga. Apakah Anda bisa berhasil menerapkan semua tips di atas?

Saya yakin Anda bisa.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa