4 Tips Ampuh Agar Anda Bisa Cepat Hamil

Tidak bisa dipungkiri, anak adalah rezeki, anugerah dari Yang Maha Kuasa. Hadirnya buah hati di tengah-tengah keluarga kecil yang Anda binsa bersama pasangan tentu menjadi pelipur lara. Rumah juga akan bertambah ramai. Anda juga mendapatkan tantangan yang bertambah juga. Senyum dan tangis si kecil menjadi magnet bagi para pasutri untuk segera memilikinya.

Setiap pasangan yang menikah pasti memiliki satu impian, memiliki anak. Ada pasangan yang begitu cepat memiliki anak. Namun, ada yang harus menunggu bertahun-tahun baru bisa mempunyai momongan. Ada pula yang sudah memiliki seorang anak, tapi kesulitan untuk mengalami kehamilan kedua dan seterusnya.

Ini bukanlah akhir segalanya. Sulit bukan berarti tidak bisa hamil. Pasti ada cara untuk bisa "memecahkan telur". Asalkan ada usaha dan doa tentunya.

tips cepat hamil

Stop menggunakan alat kontrasepsi

Anda dan pasangan mungkin pernah atau sedang menjalani program menunda kehamilan karena pekerjaan atau hal-hal lain. Menggunakan alat kontrasepsi menjadi satu cara yang sangat populer untuk menunda kehamilan karena keefektifannya yang mencapai 99%. Alat kontrasepsi sangat berguna bagi para pasangan suami istri untuk mengendalikan kelahiran. Konsumsi pil kontrasepsi hormonal (Pil KB) berfungsi menghambat indung telur berovulasi atau melepaskan sel telur. Sperma juga akan mengalami kesulitan untuk bisa mencapai sel telur. Fungsi lain dari pil kontrasepsi adalah menghalangi sel telur menempel pada lapisan rahim.

Jika Anda ingin hamil, sebaiknya Anda menghentikan pemakaian pil kontrasepsi. Ketika tidak lagi mengonsumsi pil KB, maka dioharapkan Anda mungkin butuh beberapa minggu agar bisa berovulasi dan menjadi subur kembali. Anda juga akan dapat mengetahui kapan Anda mengalami ovulasi di mana ini merupakan salah satu kunci sukses untuk menentukan waktu untuk berhubungan suami istri.

Ketahui masa subur Anda

Anda mungkin sering melakukan hubungan suami istri dengan pasangan. Namun, jika Anda mengabaikan masa-masa subur maka Anda akan sulit hamil. Ini menjadi salah satu kesalahan para pasangan suami istri, tidak mengetahui kapan masa ovulasi wanita.

Untuk itu, Anda harus menghitung kapan masa ovulasi Anda mulai sekarang.

Caranya, pertama, menggunakan kalender. Metode ini sangat cocok jika Anda mempunyai siklus menstruasi teratur. Catatlah siklus menstruasi anda dalam 3 bulan terakhir berturut-turut yang dihitung sejak tanggal hari pertama haid. Mudahnya, cara yang paling mendekati untuk menentukan kapan Anda berovulasi, kurangi 14 dari panjang siklus Anda.

Anda juga bisa mengetahui masa subur melalui suhu badan. Pada saat menjelang dan sesudah masa ovulasi, biasanya suhu tubuh akan meningkat. Ini merupakan pengaruh hormon progesteron.

Cara paling umum, Anda bisa menggunakan Alat Tes Ovulasi yang bisa Anda beli di apotek. Alat ini berfungsi untuk mengukur kadar hormon LH yang dihasilkan saat ovulasi. Cara menggunakannya pun sama dengan alat tes kehamilan. Meskipun harganya mahal, namun patut Anda coba.

Jika Anda masih ragu, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mendapatkan saran terbaik.

Melakukan hubungan sebelum ovulasi

Setelah mengetahui kapan masa ovulasi Anda, Anda bisa menentukan kapan Anda bisa melakukan hubungan. Lakukan hubungan sebelum masa ovulasi. Sperma dapat menempel pada rahim dan saluran tuba selama dua hingga tiga hari. Namun, sel telur hanya mampu bertahan selama 12 hingga 24 jam setelah dilepaskan. Jadi berhubungan intim sebelum ovulasi dapat meningkatkan kemungkinan bertemunya sel sperma dan sel sel telur.

Jika Anda memiliki siklus haid yang teratur, sebaiknya lakukan hubungan setiap hari mulai dari sekitar hari ke-10.

Makanan yang tepat untuk membantu agar bisa hamil

Mengubah pola makan bukan hanya penting untuk kesehatan, tapi juga berdampak pada kesebuuran seseorang. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan tepat agar bisa hamil.

Mengonsumsi bayam yang mengandung zinc sangat bagus untuk kesehatan sel telur dan sperma. Anda juga dapat memilih pisang yang kaya akan vitamin B6 untuk mengatur hormon dalam tubuh.
Anda juga perlu memenuhi asupan vitamin D untuk meningkatkan kesuburan dengan mengonsumsi telur dan sereal yang diperkaya.

Anda juga perlu mengonsumsi aneka kacang-kacangan yang mengandung protein nabati yang hebat untuk menambah kesuburan Anda dan pasangan.

Terakhir, jika Anda masih ragu dengan saran-saran di atas, sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk berkonsultasi. Dengan pergi ke dokter ahli, Anda bisa menjalankan serangkaian tes kesuburan untuk melihat apakah ada alasan medis yang mendasari mengapa Anda kesulitan untuk hamil.

Tetaplah semangat dalam berikhtiar untuk mendapatkan momongan. Selalu libatkan rasa syukur dan sabar dalam setiap kegiatan Anda. Selalu berpikir positif untuk memperoleh hasil positif pula. Yang paling panting, selalu iringi usaha Anda dengan doa kepada Tuhan agar lebih optimal.

Disclaimer:

Artikel ini disarikan dari berbagai sumber terpercaya dan hanya bersifat sebagai informasi bukan bahan referensi serta rujukan. Anda sebaiknya mengunjungi dokter ahli untuk mendapatkan informasi dan saran terbaik agar bisa cepat hamil.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sandhangan Wyanjana Dalam Tulisan Jawa