Rasanya Memang Masam, Tapi Inilah Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi saya yang sedari kecil hidup di kampung, buah asam Jawa atau Tamarind memang sangat familiar. Bagaimana dengan Anda?

Rasanya asam sedikit manis, sangat khas.

Saya masih sering menjumpai produk permen asem yang berasa asam manis karena dilapisi gula pasir di bagian luarnya. Bagi penggemar minuman, asam juga sangat pas untuk melepas dahaga. Apalagi kalau diminum dalam keadaan dingin, pasti maknyus hehehe. Asam jawa juga bisa dimakan langsung tanpa harus proses pengolahan.

Jangan lupa dengan yang satu ini, sayur asam. Namanya juga sayur asem, pasti menggunakan bahan-bahan penambah rasa asam seperti Tamarind.

Mengapa namanya asam Jawa? Saya sendiri belum tahu dengan pasti mengapa buah ini dinamakan asam Jawa.

Apakah karena berasal dari pulau Jawa?

Ternyata bukan. Asam bukanlah tanaman asli Indonesia, melainkan dari benua Afrika. Namun, orang-orang India lebih banyak mengambil manfaatnya dan membudidayakannya. Oleh karena itu, orang Arab menamakannya tamrul-hindi, yang kemudian disebut Tamarindus indica alias kurma India.

Saya hanya bisa berasumsi mengapa buah Tamarind dinamakan asam Jawa. Mungkin karena orang Jawa lebih sering memanfaatkannya baik makanan maupun minuman.

Pohonnya kalau sudah besar bisa mencapai puluhan meter. Daunnya sangat rimbun. Kalau di tempat kami, biasanya pohon asam ditanam di area pekuburan atau di pinggir simpang jalan. Tentu saja, pohon besar dan daun rindang bisa menjadi tempat berteduh yang nyaman dari sengatan matahari.

manfaat asam jawa bagi kesehatan

Asam Jawa juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Secara ilmiah, para ilmuwan sudah menguji khasiat buah Tamarind bagi kesehatan tubuh. Menurut USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat), asam jawa menyediakan energi dan gula. Asam jawa juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, fosfor, potasium, magnesium, zat besi, niacin, riboflavin, thiamin dan folat. Ada juga senyawa-senyawa organik yang dapat menjadi antioksidan dan anti peradangan yang ampuh.

Asam jawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menurut hasil penelitian, Dr. P. Siddhuraju di Elsevier’s LWT, tingginya kadar antioksidan dan vitamin C menjadikan asam jawa bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga serangan infeksi mikroba dan jamur. Asam jawa juga memiliki efek antiseptik dan antimikroba yang membantu mengurangi keberadaan parasit dalam tubuh.

Asam jawa juga sering dikaitkan dengan penyembuhan cacingan pada anak-anak.

Meningkatkan sistem pencernaan

Sering sembelit? Kenapa tidak mengonsumsi asam jawa? Asam jawa sering dianggap sebagai obat pencahar alami. Kandungan serat pada asam jawa dapat membantu mengangkat dan membersihkan kotoran dari usus.

Zat-zat yang terkandung dalam asam jawa dapat merangsang aktivitas empedu dan mempercepat pencernaan serta pelarutan makanan. Bahkan beberapa penelitian juga menemukan, asam jawa juga efektif melawan diare kronis.

Ingin turun berat badan? Coba konsumsi asam jawa

Asam jawa mengandung senyawa hydroxycitric acid (HCA). Senyawa ini terbukti mampu menghambat enzim yang membantu penyimpanan lemak dalam tubuh. HCA juga diketahui dapat meningkatkan neurotransmitter serotonin yang akan menekan nafsu makan.

Inilah mengapa asam jawa sering dikaitkan dengan manfaatnya untuk diet menurunkan berat badan. Meskipun, penelitian mengenai ini masih terus berlangsung.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi pada asam jawa membantu menjaga sel darah merah dalam jumlah yang tepat sehingga fungsi organ dan otot berjalan dengan baik. Kekurangan zat besi akan menimbulkan masalah kesehatan yang sangat sering kita jumpai, anemia.

Jika Anda memiliki masalah anemia, Anda mungkin akan segera mencari asam jawa.

Lihat juga :  Selain Buat Bumbu Masakan, Ini Dia Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Asam jawa sebagai ramuan herbal tradisional

Bagi masyarakat Indonesia, terutama di daerah Jawa, mereka sering memanfaatkan asam jawa sebagai ramuan herbal untuk menangani berbagai keluhan kesehatan.

Asam jawa untuk menangani sariawan

Mau makan serba tidak nyaman. Inilah rasanya kalau bibir kita kena sariawan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Gunakan asam jawa sebagai ramuan untuk paling tidak mengurangi rasa tidak nyaman akibat sariawan.

Pertama, siapkan asam jawa 2 polong, temulawak sebesar ibu jari 2 buah, dan sepotong gula aren. Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan tiga bahan tersebut. Biarkan hingga air menyusut kira-kira satu gelas. Saring hasil rebusan. Minum ramuan herbal Anda.

Sakit perut? Atasi dengan ramuan asam jawa ini….

Sakit perut atau kembung memang sangat mengganggu. Namun, Anda sekarang bisa membuat ramuan oles yang terdiri dari asam jawa masak 3 polong, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya. Kemudian, tumbuk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata. Oleskan ramuan yang sudah Anda tumbuk pada bagian perut yang sakit / kembung.

Turunkan demam dengan ramuan asam jawa

Untuk mengatasi demam, Anda membutuhkan daun asam jawa sebanyak 1 genggam dan adas pulowaras secukupnya. Rebus dengan setengah liter air hingga mendidih. Kemudian saring hasil rebusan. Minum ramuan daun asam jawa 2 kali sehari, pagi dan sore.

Hilangkan batuk kering dengan asam jawa

Batuk kering bisa menjadi gangguan dalam aktivitas keseharian Anda. Untuk itu, siapkan asam jawa 3 buah dan daun saga setengah genggam. Rebus 4 gelas air, masukkan bahan-bahan, tunggu sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum ramuan Anda. Sebaiknya Anda meminum ramuan ini 2 kali sehari, pagi dan sore.

Terakhir ada yang perlu diperhatikan mengenai asam jawa ini. Sifatnya yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengencerkan darah dapat menghambat proses pembekuan darah jika terjadi luka. Anda juga harus sangat berhati-hati, jika mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya jangan makan asam jawa.

Disclaimer:

Artikel ini disarikan dari berbagai sumber terpercaya dan hanya bersifat sebagai informasi bukan bahan referensi serta rujukan. Anda sebaiknya mengunjungi ahli gizi atau dokter ahli untuk mendapatkan informasi dan saran penggunaan terbaik mengenai manfaat asam jawa.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sandhangan Wyanjana Dalam Tulisan Jawa