Kapan Debat Pilpres Berlangsung? Ini Dia Jadwal Lengkap Debat Capres 2019

Pemilihan umum presiden Republik Indonesia tinggal tiga bulan lagi. Masa kampanye pun sudah berjalan. Selama kurang lebih tiga bulan kampanye, belum ada informasi visi misi dari para calon dan tim sukses mereka. Yang ada hanya, saling debat di televisi pada hal-hal yang, membuat para penonton naik pitam. Saling ejek, saling hina, saling mencaci. Itulah yang ada pada kampanye-kampanye yang sudah berlalu.

Namun, mulai bulan Januari hingga April 2019, Komisi Pemilihan Umum (baca: KPU) akan mengadakan debat pilpres yang mempertemukan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Rencananya, KPU akan menggelar lima kali debat capres-cawapres.

Rencana debat tersebut disusun berdasarkan hasil rapat antara KPU dengan wakil masing-masing pasangan calon.

Tentunya, dengan adanya debat capres-cawapres tersebut, publik akan mengetahui apa saja visi misi masing-masing paslon jika terpilih menjadi kepala negara Indonesia. Begitu juga, masyarakat juga akan dengan jelas dan gamblang melihat dan menilai kecakapan mereka, apakah layak dipilih atau tidak.

Menurut berbagai perbincangan, sudah ada 70% calon pemilih yang sudah mantap dengan pilihan mereka. Sedangkan, 30% lainnya masih belum menentukan pilihan. Inilah, yang menurut para pengamat, menjadi ajang untuk menarik swing voters tersebut dalam pilpres mendatang.

Debat pertama sendiri sudah berlangsung 17 Januari 2019 lalu. Pada debat tersebut, tema yang diusung adalah hukum, HAM, Korupsi dan terorisme. Hasilnya, lagi-lagi menurut para pengamat, debat capres tersebut hambar. Kurang seru. Apalagi, KPU sudah membocorkan kisi-kisi pertanyaan yang dinilai mengurangi “rasa” dan “keseruan” debat tersebut.

Setelah mengevaluasi jalannya debat pilpres pertama, KPU akhirnya tidak lagi membocorkan kisi-kisi pertanyaan pada debat kedua dan mungkin sampai episode terakhir.

Bagi Anda belum menonton acara debat pilpres pertama, jangan khawatir, Anda masih bisa menyimak debat kedua pada 17 Februari 2019 mendatang. Rencananya, beberapa stasiun televisi nasional seperti RCTI, GTV, MNC TV dan INews TV bakal menjadi media penyelenggara penyiaran acara debat capres kedua tersebut.

Jika Anda tidak ingin melewatkan debat-debat selanjutnya, sebaiknya Anda catat atau simpan halaman ini untuk mengetahui jadwal debat capres.

jadwal lengkap debat pilpres 2019

Jadwal debat Pilpres 2019

DEBAT I

Waktu
17 Januari 2019

Lokasi
Hotel BIdakara, Pancoran, Jakarta Selatan

Tema
Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme

Peserta
Pasangan capres dan cawapres

Media penyelenggara penyiaran
TVRI, RRI, Kompas TV dan RTV (Media lain bisa merelay)

DEBAT II


Waktu
17 Februari 2019

Lokasi
Hotel Sultan, Senayan

Tema
Energi Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup

Peserta
Calon presiden

Media penyelenggara penyiaran
RCTI, GTV, MNC TV dan INew TV (Media lain bisa merelay)

DEBAT III

Waktu
17 Maret 2019

Lokasi
Hotel Sultan, Senayan

Tema
Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Sosial Budaya

Peserta
Calon wakil presiden

Media penyelenggara penyiaran
TRANS TV, TRANS 7 dan CNN Indonesia (Media lain bisa merelay)

DEBAT IV


Waktu
30 Maret 2019

Lokasi
Masih dalam konfirmasi

Tema
Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan, Keamanan dan Hubungan Internasional

Peserta
Calon presiden

Media penyelenggara penyiaran
METRO TV, SCTV dan Indosiar (Media lain bisa merelay)

DEBAT V

Waktu
Diputuskan setelah evaluasi debat pertama

Lokasi
Diputuskan setelah evaluasi debat pertama

Tema
Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan, Investasi, Perdagangan dan Industri

Peserta
Pasangan calon presiden dan wakil presiden

Media penyelenggara penyiaran
TV One, ANTV, Berita satu TV dan NET (Media lain bisa merelay)

Sekarang, Anda sudah mengetahui jadwal debat capres mulai dari debat pertama hingga debat terakhir bulan April mendatang.

Namun, untuk jadwal debat kelima, seperti yang sudah tertulis di atas, memang belum ada pemberitahuan resmi dari KPU tentang kapan dan di mana akan berlangsung.

Apa pun itu, sebagai rakyat pemilih, apalagi jika Anda belum dapat menentukan pilihan, debat capres tersebut menjadi sangat penting untuk membuat pertimbangan. Mungkin debat capres bukan salah satu faktor utama dalam memilih presiden. Namun, jika Anda ingin mengetahui visi misi calon presiden - wakil presiden yang menurut Anda layak untuk dipilih, maka debat pilpres kali ini akan bisa mempengaruhi pilihan Anda nantinya.

Anda melihat, Anda menilai, Anda menentukan.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Tembung Saroja Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh-Contohnya