Health Facilities Information System (HFIS) BPJS Kesehatan

Perkembangan teknologi semakin memudahkan manusia dalam melakukan aneka pekerjaan dan kerjasama antar instansi atau perusahaan. Health Facilities Information System (HFIS) misalnya, yang merupakan sebuah aplikasi berbasis situs web milik BPJS. Aplikasi HFIS diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah proses kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan Faskes maupun calon Faskes.

Karena aplikasi HFIS bisa diakses secara public di internet maka semua fasilitas kesehatan yang sudah atau akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sekarang sudah dapat mengaksesnya dengan mudah.

hfis bpjs kesehatan faskes

Manfaat aplikasi HFIS
Pihak BPJS Kesehatan menyatakan bahwa aplikasi HFIS memberikan manfaat bagi para fasilitas kesehatan maupun para peserta BPJS Kesehatan.
  • Fasilitas kesehatan dapat melakukan proses update perubahan data faskes misalnya data tenaga medis baik spesialis maupun subspesialis, jam pelayanan, pemeriksaan penunjang.
  • Membantu peserta BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan dengan jarak yang terjangkau. Hal ini tentunya menunjang implementasi rujukan berjenjang berbasis kompetensi antara FKTP dan FKTRL dapat berjalan secara optimal.[1]
Mudahnya, HFIS sebagai sebuah aplikasi berfungsi untuk memasukkan, melengkapi dan memperbarui data baik data faskes maupun data pasien. Dengan menyimpan data-data tersebut melalui HFIS, proses rujukan pasien menjadi lebih mudah dan cepat. petugas di FKTP dapat mencarikan FKRTL terdekat dari rumah pasien, mencarikan faskes yang tidak terdapat banyak antrean, dan memiliki pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.[2]

Rumah Sakit juga dapat mengatur antrean serta memastikan ketersediaan kapasitas yang dipunyai sehingga mampu memberikan layanan sesuai standar pelayanan minimal di Rumah Sakit. Dengan kata lain, ini adalah penyederhanaan proses bagi para peserta JKN-KIS untuk memperoleh kebutuhan medis mereka dengan baik dan mendapatkan pelayanan administrasi sesuai harapan. Menariknya, para pasien cukup membawa kartu JKN-KIS mereka ketika datang ke rumah sakit rujukan.

Tentu saja, layanan aplikasi HFIS BPJS Kesehatan ini harus terus dipublikasikan baik kepada seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia maupun para peserta BPJS Kesehatan itu sendiri. Ini untuk membantu semua proses dapat berjalan dengan lancar dan minim hambatan.

Cara menggunakan aplikasi HFIS BPJS Kesehatan
Pihak BPJS kesehatan RI sendiri juga sudah mengeluarkan petujuk manual penggunaan HFIS kepada khalayak dalam bentuk ebook pdf. Ebook dengan 21 halaman tersebut diharapkan dapat membantu faskes memanfaatkan aplikasi HFIS dengan mudah.

Anda bisa menndownload ebook petunjuk manual HFIS BPJS Kesehatan di sini.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa