Debat Capres 2019 Perdana, Jadwal dan Tips Agar Anda Tidak Mudah Emosi

Nanti malam, debat capres 2019 putaran pertama akan berlangsung. Dua pasangan Capres dan cawapres yaitu Jokowi - Ma’ruf Amin dan Prabowo - Sandiaga Uno bakal saling bertanding di hadapan audiens di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Tidak hanya di depan audiens yang hadir di tempat debat, beberapa stasiun televisi nasional bakal menayangkan secara langsung Debat Pilpres 2019 perdana.

Rencananya, acara debat akan dimulai pada pukul 20.00 WIB dan berlangsung selama satu setengah jam. Sementara, tema debat pertama adalah mengenai hukum, HAM, terorisme dan korupsi.

Pihak KPU mempercayakan posisi moderator debat capres 2019 kepada Ira Koesno, mantan jurnalis dan Imam Priyono, jurnalis senior.

Dalam acara debat malam nanti, masing-masing capres dan cawapres akan menjalani enam segmen.

jadwal debat pertama capres 2019

Segmen pertama

Pada segmen pertama ini, masing-masing pasangan capres-cawapres diberikan waktu memaparkan visi dan misi mereka selama 23 menit 55 detik.

Segmen kedua dan ketiga

Pada dua segmen ini, moderator akan menyampaikan pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi yang sudah diberikan oleh KPU sebelumnya.

Satu tema, satu pertanyaan untuk masing-masing pasangan calon. Dua segmen tersebut berlangsung selama 31 menit.

Segmen keempat dan kelima

Pihak penyelenggara debat menyediakan waktu selama 26 menit bagi kedua paslon untuk saling memberikan pertanyaan dan melakukan debat. Pasangan calon satu memberikan pertanyaan kepada pasangan calon lainnya.

Segmen keenam

Ini merupakan segmen terakhir dalam acara debat capres pertama 2019 ini. Masing-masing paslon diberikan waktu 11 menit 30 detik untuk menyampaikan pernyataan penutup.

Tampaknya, debat capres nanti malam bakal berjalan seru, mengingat ini adalah putaran pertama. Alasan lainnya, ini adalah pertemuan kedua kalinya bagi Jokowi vs Prabowo. Tentu, aroma penasaran ingin mengalahkan Jokowi sangat besar pada kubu Prabowo. Terakhir, selama beberapa bulan awal kampanye, selalu isu-isu hoaks dan negatif yang selalu meluncur ke publik. Sedangkan, visi-misi sendiri belum disampaikan secara jelas.

Jadi, debat ini merupakan ajang untuk menunjukkan bagaimana visi misi masing-masing paslon untuk menjalankan pemerintahan dalam lima tahun ke depan.

Satu lagi, debat capres kali ini sepertinya bakal menguras emosi para penonton, terutama di rumah. Bagaimana tidak, publik terpecah menjadi dua kubu berseberangan. Adu argumen masing-masing paslon bisa membuat kita pusing, mudah marah, cemas bahkan stres.

Agar emosi Anda tidak mudah meledak saat menonton debat capres nanti malam, lakukan cara ini biar lebih tenang.

Istirahat sejenak

Debat yang berlangsung semakin intens dijamin akan membuat emosi kita semakin membuncah. Meskipun hanya sebagai penonton, suguhan debat bisa membuat stres berlebihan.

Untuk itu, sebaiknya ambil tindakan untuk meredakan stres tersebut. Anda bisa pergi keluar sebentar atau matikan televisinya untuk mengatur emosi Anda agar bisa stabil kembali.

Bila saat Anda kembali menonton acara debat, stres dan amarah muncul lagi, sebaiknya hentikan saja nonton debatnya hehehe.

Lakukan kegiatan lain

Di saat laga debat semakin panas, penonton pun ikut panas. Sebaiknya, tenangkan pikiran Anda. Lakukan kegiatan-kegiatan lain misalnya bermain game di smartphone, menonton video-video lucu, pindah channel tv lain atau bermain TTS.

Cara ini akan sangat membantu menenangkan Anda saat acara debat berlangsung.

Ngobrol di luar politik

Untuk sedikit meredakan ketegangan, alihkan perhatian Anda dengan saling mengobrol hal-hal lain di luar topik politik dengan anggota keluarga atau teman-teman Anda.

Kalau masih ada bahasan politik sebaiknya hindari saja dan jangan tanggapi.

Jika Anda sudah merasa tenang, Anda bisa melanjutkan nonton acara debat. Kalau benar-benar tidak bisa mengendalikan emosi, hentikan nontonnya. Mudah bukan?

Terakhir, jadikan debat capres 2019 sebagai ajang penilaian Anda terhadap masing-masing paslon, terutama bagi Anda yang masih bingung menentukan pilihan.

Selamat menonton,

Maturnuwun :))

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Tembung Saroja Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh-Contohnya