Nih Saya Bagikan Contoh 20 Kalimat Dalam Aksara Jawa Buat Sedulur Semua

Sudah cukup lama rasanya saya tidak menulis aksara Jawa. Ini karena menulis aksara Jawa, khususnya kalimat, membutuhkan usaha yang tidak sebentar. Saya harus mencari kalimat, baru kemudian menuliskannya di layar komputer. Setelah itu, edit menggunakan GIMP agar gambar lebih jelas. Proses penulisan kalimat-kalimat aksara Jawa memakan waktu 30 menit higa satu jam-an. Jika ditambah proses pengeditan, mungkin bisa dua jam-an.

Membuat kalimat yang mudah untuk ditulis ke dalam aksara Jawa itu menyenangkan bagi saya. Saya sudah lama sekali tidak sekolah. Nyatanya, sampai sekarang masih ingat, meskipun hanya sedikit-sedikit saja. Beberapa referensi saya cari untuk bisa lebih memperdalam kemampuan saya dalam menulis aksara Jawa tersebut.

Sampai hari ini, saya masih dalam tahap belajar…..

Bagi Anda para sedulur yang masih sekolah, ini adalah aksara dari leluhur kalian. Mungkin, hari ini kita hanya ,menganggap pelajaran bahasa Jawa, terutama aksara Jawa, hanya sebatas pelajaran muatan lokal saja. Tapi, suatu saat, Anda akan merasakan betapa berharganya warisan budaya berupa aksara, yang dulu pernah digunakan semasa kerajaan masih berkuasa.

Memang, hari ini, sudah sangat jarang kita temui aksara Jawa dalam buku-buku teks. Namun, bukan berarti kita mengabaikannya begitu saja. Bagaimana supaya budaya Jawa, aksara Jawa tetap lestari hingga masa mendatang?

Kita harus tetap menggunakannya walaupun tidak sehari-hari.Paling tidak, kita bisa iseng-iseng menuliskan nama-nama orang, nama-nama kota, kata-kata, kalimat atau bahkan paragraf menggunakan aksara Jawa. Itu bisa menjadi kegiatan yang sangat berharga untuk kemudian hari.

Mungkin, keahlian yang kita miliki akan sangat berguna, setidaknya buat anak cucu kita sendiri. Sedangkan manfaat besarnya adalah kita bisa membagikannya kepada orang-orang yang masih ingin belajar, menggunakan bahkan mengajarkan aksara Jawa kepada orang lain.

Bukan hanya untuk mengerjakan tugas sekolah saja….

Ini kewajiban kita sebagai generasi penerus melestarikan keberadaan aksara Jawa.

Hari ini, saya membuat contoh 20 kalimat dengan tulisan aksara Jawa. Masing-masing berupa kalimat singkat. Ini agar semua mudah dalam mempelajarinya.

1. Paijo numpak montor



2. Ibu tindak dhateng peken kaliyan adhi



3. Ajining dhiri saka lathi



4. Andhi ngombe wedang ronde.



5. Farhan kalebu siswa kang pinunjul.



6. Jaka maca koran



7. Mariyati mangkat sekolah



8. Pak Mijan pengin mundhut pit montor



9. Simbah nembe gerah waja



10. Aku kangen karo kowe



11. Ali lagi resik-resik omah



12. Aku lali ora gawa dhuwit



13. Yuni mangkat nyambut gawe



14. Sri seneng mangan soto



15. Jono lagi sinau



16. Awakku kesel banget



17. Pakdhe nembe sare


18. Mariyo seneng maca komik jepang



19. Kapan kowe nikah?



20. Aja gampang nesu, mundhak cepet tuwek




Sekarang, Anda praktikkan dengan menuliskannya pada selembar kertas. Jika Anda menyukai seni, Anda juga bisa berkreasi dengan menuliskan aksara Jawa tersebut dalam bentuk kaligrafi. Pasti akan lebih menyenangkan lagi.

Selamat mencoba,

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Karangan Narasi Dalam Bahasa Jawa Beserta Contoh dan Terjemahannya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)