Ini Dia Tulisan Nama Presiden RI Dalam Aksara Jawa

Anda hafal nama-nama presiden Republik Indonesia? Ada berapa presiden yang sudah memimpin negeri kita? Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki sistem pemerintahan presidensil di mana negara ini dipimpin oleh seorang presiden sebagai kepala pemerintahan.

Sampai saat ini, sudah ada tujuh orang yang pernah atau sedang menjabat sebagai presiden RI. Mereka adalah Sukarno yang merupakan presiden pertama  sekaligus Bapak Proklamator Republik Indonesia. Kemudian ada Suharto sebagai presiden kedua yang menjadi presiden dengan masa jabatan terlama yaitu 32 tahun.

Setelah Bapak Suharto lengser tahun 1998 silam, beliau digantikan oleh B.J. Habibie yang menjabat sebagai presiden hanya dalam waktu singkat, selama satu tahun lima bulan. Pada era reformasi, Presiden Abdurrahman Wahid menjadi presiden selama kurang lebih 2,5 tahun.

Megawati menggantikan Abdurrahman Wahid sebagai presiden RI kelima sekaligus menjadi presiden wanita pertama. Tapi, masa jabatan beliau juga terbilang singkat, hanya dua tahun lebih.

Presiden keenam adalah Susilo Bambang Yudhoyono yang menjabat selama dua periode (10 tahun) dari tahun 2004 hingga 2014.

Sekarang, Joko Widodo menjadi presiden ketujuh RI dan masih menjalankan tugas beliau.

Bagaimana jika saya membagikan kepada Anda tulisan nama-nama presiden kita menggunakan aksara Jawa? Bisa tidak? Apalagi ada nama-nama Arab di sana. Apakah bisa menuliskannya dalam aksara Jawa?

Yuk kita coba!

Tulisan nama-nama Presiden RI  dengan aksara Jawa


1. Sukarno

suharto

2. Suharto

sukarno

3. B.J. Habibie

bj habibie

4. Abdurrahman Wahid

abdurrahman wahid

5. Megawati Sukarno Putri

megawati sukarno putri

6. Susilo Bambang Yudhoyono

susilo bambang yudhoyono

7. Joko Widodo

joko widodo
Dari penulisan di atas, saya hanya mengalami sedikit kesulitan saat harus menuliskan nama-nama yang "berbau" Arab. Namun, saya akhirnya menemukan bahwa ada aksara rekan yang berfungsi untuk menulis kata-kata serapan dari bahasa asing misalnya Arab atau Inggris.

Saya tahu bahwa masih ada kekurangan dan mungkin masih ada sedikit kesalahan. Bagi Anda yang lebih mahir, silakan koreksi penulisan saya.

Anda juga dapat melihat cara penulisan lima nama presiden RI melalui video di bawah ini.


Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa