Apakah Tape Bisa Menghilangkan Jerawat?

Sebenarnya saya sudah gatel ingin menulis tentang topik ini. Bukan apa-apa, ternyata banyak juga yang penasaran dengan manfaat tape, terutama untuk mengatasi jerawat. Tape merupakan makanan fermentasi dari singkong yang mudah sekali didapatkan. Bukan hanya ketenarannya akan cita rasanya tapi juga khasiatnya bagi kesehatan kulit.
apakah tape bisa menghilangkan jerawat

Apakah benar tape bisa menghilangkan jerawat?


Terus terang, saya belum menemukan hasil penelitian mengenai manfaat tape untuk jerawat. Namun, setelah membaca beberapa situs portal ternama, tape diklaim mampu mengatasi masalah jerawat.

Pertama dari situs vemale.com yang menulis bahwa tape mengandung alkohol. Alkohol bermanfaat menetralisir lemak dalam tubuh. Seperti yang sudah diketahui bahwa lemak merupakan salah satu penyebab kulit berjerawat. Oleh karena itu, menurut situs ini semakin banyak mengonsumsi tape maka lemak yang berlebihan dapat dinetralisir sehingga dapat menghambat munculnya jerawat. Sekali lagi di situs tersebut tidak disebutkan sumber penelitian akan hal itu.

Kedua, situs merdeka.com melansir tentang manfaat makanan hasil fermentasi bagi kesehatan kulit khususnya jerawat. Menurut situs tersebut, makanan fermentasi seperti tape, cuka, auerkraut, miso, kombucha, kimchi, dan cuka apel bagus untuk mengatasi jerawat.

Situs merdeka.com mengambil rujukan dari Holistic Health Herbalist di mana makanan-makanan hasil fermentasi dapat membantu mengaktifkan protein dan asam amino esensial, menyeimbangkan hormon, membantu penyerapan nutrisi, membuang racun dari dalam tubuh, dan mencegah inflamasi.

Makanan fermentasi mengandung alkohol alami membantu menetralisir lemak dan membuang racun penyebab jerawat.

Kesimpulannya, dari kedua situs di atas ada satu faktor yang sama yaitu kandungan alkohol pada makanan fermentasi. Alkohol mampu menetralisir lemak dalam tubuh serta membuang racun sehingga bisa mencegah bahkan mengatasi jerawat pada kulit.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa