Ini Dia 10 Pencarian Terpopuler di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2017

Tahun 2017 sudah berlalu. Tentunya, sudah begitu banyak peristiwa yang masih diingat dan mungkin akan terus dikenang. Di dunia maya, terutama di mesin pencari Google Indonesia kata-kata kunci tertentu banyak dicari di tahun 2017. Seperti biasa, pada akhir tahun Google mengeluarkan daftar pencarian terpopuler sepanjang tahun 2017. Apa saja yang paling banyak dicari warganet Indonesia?

1. Surat Cinta untuk Starla
Tidak mengejutkan mengingat lagu "Surat Cinta untuk Starla" begitu fenomenal. Bagaimana tidak, lagu yang dinyanyikan oleh Virgoun ini sukses menembus lebih dari 100 juta penonton di Youtube. Sebuah rekor untuk sebuah video musik asli Indonesia. Meskipun, sekarang pencapaiannya sudah dilampaui lagu milik Armada "Asal Kau Bahagia", tetap saja Surat Cinta untuk Starla menjadi sebuah sejarah.

2. Pengabdi Setan
Film "Pengabdi Setan" sukses mengambil hati para pecinta film horor tanah air. Film yang disutradarai Joko Anwar ini mampu menembus angka lebih dari 4 juta penonton. Satu pencapaian luar biasa untuk ukuran film horor, bahkan mampu bersaing dengan film nasional genre lain.

3. Setya Novanto
Drama Setya Novanto meskipun menyebalkan tapi menarik untuk disimak. Buktinya, lihat saja daftar pencarian terpopuler Google 2017. Namanya masuk dalam daftar ketiga terpopuler. Begitu banyak kejadian yang bisa mengelus dada, perseteruan Setya Novanto vs KPK hingga insiden tiang listrik menjadi bumbu-bumbu sedap mengapa politisi yang satu ini sangat populer.

4. Pilkada DKI
Pilkada DKI menjadi salah satu pilkada yang banayk menyita perhatian publik. Apalagi kalau bukan kasus hukum yang menimpa calon petahana Ahok hingga bumbu-bumbu politik yang ada di DKI saat itu. Bukan hanya sering menjadi bahan berita televisi tapi juga media-media lainnya.

5. SEA Games
SEA Games 2017 menjadi pencapaian terburuk kontingen Indonesia setelah hanyak menduduki peringkat kelima klasemen perolehan medali. Negara kita kalah dari tuan rumah Malaysia yang menjadi juara umum, Thailand, Vietnam dan Singapura.

6. Jokowi Mantu
Tahun 2017 kemarin menjadi hari spesial buat keluarga Presiden RI, Joko Widodo. Pasalnya, putri semata wayang beliau Kahiyang Ayu resmi melepas masa lajangnya. Kahiyang menikah dengan Bobby Nasution. Prosesi adat pernikahan dan resepsi disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi nasional. Jadi tidak heran, kata kunci Jokowi Mantu menjadi salah satu yang terpopuler sepanjang tahun 2017.

7. Ayam Geprek
Terus terang, saya kurang begitu tahu mengapa kata kunci Ayam Geprek bisa nangkring di posisi tujuh pencarian terpopuler Google. Ada yang tahu?

8. Raja Salman
Raja Salman berkunjung ke Indonesia tahun 2017 kemarin. Tidak tanggung-tanggung, sang raja membawa para pangeran dan stafnya untuk misi kenegaraan dan juga berlibur. Bali menjadi tujuan utama Raja Salman. Kedatangan orang nomor satu Arab saudi tersebut berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia.

9. Sidang Ahok
Ahok harus mengalami kenyataan pahit. Setelah gagal di Pilkada DKI, dia harus mendekam di balik jeruji setelah kalah di persidangan atas kasus penistaan agama yang menjeratnya. Tak pelak, kata kunci Sidang Ahok menjadi yang terpopuler diburu warganet.

10. Om Telolet Om
Masih ingat dengan "Om Telolet Om"? Ungkapan ini sangat viral di dunia maya yang memperlihatkan kegembiraan anak-anak saat menyambut bus kota yang lewat. Om telolet om sendiri menjadi terkenal setelah para DJ-DJ ternama dunia men-tweetnya melalui linimasa mereka.

Bagaimana dengan Anda? Kata kunci apa yang sering Anda cari sepanjang tahun 2017?

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa