4 Cara Mencegah Jerawat Agar Tidak Membesar dan Menyebar

Banyak sekali tips mengatasi jerawat yang sering kita temui, tapi bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati. begitu juga dengan masalah kulit yang satu ini. Jerawat bisa benar-benar memengaruhi penampilan Anda, mengurangi rasa percaya diri ketika bersosialisasi dengan orang lain. Dampak lainnya dari jerawat adalah dapat meninggalkan bekas luka yang bertahan lama pada wajah Anda. Untuk itu, perlu adanya cara mencegah jerawat agar tidak semakin membesar dan meluas serta merusak penampilan Anda.
cara mencegah jerawat agar tidak membesar

Cara mencegah jerawat agar tidak meluas dan membesar

Jaga kebersihan kulit wajah
Anda harus benar-benar menjaga kebersihan wajah secara rutin dan teratur. Gunakan pembersih wajah atau cleanser yang membantu membersihkan kotoran-kotoran wajah maupun sisa make up. Sebaiknya gunakan pembersih wajah dua kali sehari.

Pilih pembersih yang diperkaya dengan salicylic acid atau glycolic acid. Salicylic acid bermanfaat untuk membantu mengatasi sumbatan pada pori-pori kulit wajah akibat kotoran, menghilangkan sel-sel kulit mati, mencegah jerawat dan bincul hitam,. Jangan gunakan pembersih wajah lebih dari dua kali sehari untuk mencegah kulit wajah terlalu kering, terjadinya inflamasi maupun infeksi.

Jangan menekan atau memencet jerawat
Jika sudah tumbuh jerawat, sebaiknya hindari menekan atau memencet jerawat. Ketika Anda menyentuh atau memencet jerawat akan meningkatkan risiko masuknya bakteri dari tangan sehingga dapat menyebabkan infeksi. Akibatnya, ada kemungkinan jerawat akan semakin membesar dan menyebar ke sekeliling wajah.

Efek negatif menekan jerawat adalah dapat merusak lapisan kulit lebih dalam yang akan menyebabkan bekas luka. Jadi, sebaiknya jangan mencoba menekan, memencet atau menghilangkan jerawat sendiri. Konsultasilah ke dokter kulit dan kecantikan untuk mendapatkan saran dan penanganan terbaik.

Jangan memijat kulit wajah
Hindari memijat kulit wajah jika Anda memiliki jerawat. Memijat kulit dapat merangsang kelenjar minyak kulit, sehingga akan mengeluarkan semakin banyak minyak. Efeknya, jerawat akan semakin bertambah banyak. 

Hindari stres
Jangan pernah dihantui rasa khawatir maupun cemas karena munculnya jerawat pada wajah Anda. Fokuslah pada hal-hal lainnya seperti menjaga kesehatan, cukup tidur dan jangan stres. Anda bisa mencegah stres dengan berbagai cara seperti meditasi, mendengarkan musik, maupun olahraga. Cara-cara ini akan membantu Anda mencegah atau menghilangkan stres. Ini akan cukup membantu agar jerawat tidak semakin meluas.

Penutup

Sekarang Anda sudah mengetahui cara untuk mencegah jerawat agar tidak semakin membesar dan meluas. Akan lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi pada ahlinya seperti dokter ahli kulit dan kecantikan agar Anda mendapatkan solusi terbaik.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa