Pengertian Tembung Kriya Pakon dan Contohnya

Halo para pembaca semuanya, Jawalogger masih melanjutkan seri tembung kriya (kata kerja) dalam bahasa Jawa. Sebelumnya sudah dibahas mengenai tembung kriya tanduk dan tembung kriya tanggap lengkap dengan penjelasan serta contoh-contohnya. Sebagai lanjutannya akan membahas tembung kriya pakon.

Tembung kriya pakon merupakan salah satu jenis tembung kriya yang mendapatkan akhiran -en, -a, -ana dan -na. Dalam bahasa Indonesia, tembung pakon disebut kata kerja perintah.

Contoh :
Kata "Jupuk" (Ambil dalam bahasa Indonesia) menjadi :
Jupuken : ambillah
Njupuka : ambillah
Jupukana : ambillah
Jupukna : ambilkan

Contoh kalimat menggunakan tembung kriya pakon
Tulung pilihana sing apik-apik ya!
Ndang njaluka ngapura marang ibumu!
Yu, tukunen klambiné kaé mumpung lagi promo diskon!
Bedhilen manuk kaé!
Akèh banget barangé, tulung gawakna ya!
Ndhuk, irisen bawangé kaé!
Soré mengko njangana lodèh baé!
Tulisana regané!
Pitikmu kaé pakanana!
Rebuten dolanané adhimu sing dirayah kancané kaé!

Demikianlah pembahasan mengenai tembung kriya pakon kali ini. Jika anda merasa tulisan ini bermanfaat dan ingin membagikannya kepada orang lain, silakan mengklik tombol share yang ada di bawah postingan.

Bukan seorang ahli, apalagi sarjana Bahasa Jawa, Andi menuliskan segala pengetahuan mengenai bahasa ibunya yang pernah didapat melalui sekolah dulu dan buku-buku. Andi juga tidak jarang menulis tema lain seperti teknologi dan kesehatan. Kunjungi Jawalogger.com.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silakan berkomentar dengan sopan. Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi, bagi Anda yang memasukkan komentar, "tidak boleh" memasukkan link di dalam komentar.

Jika itu terjadi, maka saya tidak akan menyetujui komentar Anda.