Panjebar Semangat Website Berbahasa Jawa - Direkomendasikan

Halo para pembaca, jika Anda pernah membaca tulisan Jawalogger sebelum, kadang memasukkan contoh dari Panjebar Semangat. Perlu diketahui bahwa Panjebar Semangat merupakan salah satu majalah mingguan berbahasa Jawa tertua di Indonesia yang terbit sejak 2 September 1933 di Surabaya. Pendirinya adalah Dr.Soetomo seorang tokoh pendiri Budi Utomo.
panjebar semangat website situs berbahasa jawa

Sampai hari ini, majalah ini masih tetap eksis. Buktinya, Panjebar Semangat pun mengikuti perkembangan zaman dengan memiliki sebuah website www.panjebarsemangat.co.id. Seperti judul yang Anda baca di atas, situs ini seluruh kontennya berbahasa Jawa. Panjebar Semangat membahas berbagai topik dari berita hingga agama.

Jadi, bagi Anda yang ingin belajar bahasa Jawa, Jawalogger merekomendasikan situs Panjebar Semangat. Anda dapat mengetahui bagaimana Jawa dalam bahasa tulis bukan bahasa lisan. Makanya, saya juga sering mengambil kutipan paragraf bahasa Jawa untuk dijadikan contoh dalam penerjemahan dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia.

Melalui situs Panjebar Semangat, Anda dapat menambah banyak kosakata Jawa. Bukan hanya bahasa Jawa Mataraman, tapi juga ada Banyumasan dan Surabayan. Saya pun juga masih banyak belajar. Salah satu referensinya ya...Panjebar Semangat ini. Khususnya kalau lagi "buntu", saya cari topik atau paragraf untuk diterjemahkan.

Anda dapat menemukan berbagai contoh sastra dari cerita cekak (cerita pendek), cerita sambung (cerita bersambung) dan cerita rakyat. Bagi Anda yang mencari contoh-contoh tembang Macapat, jangan khawatir, website berbahasa Jawa Panjebar Semangat juga menyediakan aneka tembang Macapat yang bisa Anda gunakan.

Terakhir, Anda juga dapat berlangganan majalah Panjebar Semangat versi cetak dua minggu sekali.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa