Objek Wisata Keraton Solo - Kraton Surakarta Hadiningrat

Jika jalan-jalan ke kota Solo, Jawa Tengah, tidak lengkap rasanya kalau melewatkan tempat yang satu ini, Kraton Surakarta Hadiningrat. Letaknya di pusat kota membuatnya mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi, becak, ojek, maupun taksi. Di sini, Anda akan banyak belajar tentang sejarah dan kebudayaan Keraton Surakarta terutama Kraton Kasunanan.

Anda cukup membayar Rp 10.000,- saja per orang untuk dapat menikmati suasana di dalam keraton. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana seluk beluk dan sejarah keraton, Anda bisa juga menyewa seorang pemandu wisata (tour guide) agar bisa tahu lebih rinci mengenai Keraton Solo ini.
objek wisata keraton solo menikmati suasana zaman kerajaan

Di dalam keraton, Anda akan disuguhi nuansa remang-remang khas museum yang berisi benda-benda bersejarah seperti keris, tombak, meja kursi, perabotan, koin uang kuno, sendok kuno, pistol kuno, keris kuno, pedang kuno, dan berbagai barang kuno lainnya yang bernilai tinggi. Anda bisa berswafoto maupun berfoto bersama keluarga dengan latar belakang suasana keraton Solo.

Tapi sayang, ada beberapa bagian di objek wisata keraton Solo ini kurang terawat. Terlihat sekali benda-benda museum serta perabotan seperti meja dan kursi berselimutkan debu. Fasilitas lainnya pun tidak kalah miris seperti kamar mandi kurang diperhatikan sehingga tampak tidak bersih.

Selain menikmati benda-benda bersejarah milik keraton, ada juga penjual yang menjajakan suvenir yang bisa Anda beli untuk dijadikan sebagai kenangan maupun oleh-oleh.

Selain menjelajah di dalam keraton, Anda juga bisa menikmati tempat-tempat lainnya seperti Alun-alun Lor (Alun-alun Utara) dan Alun-alun Kidul (Alun-alun Selatan) yang berlokasi di sebelah utara dan selatan keraton. Terutama pada malam hari di mana Anda bersama keluarga bisa menikmati aneka sajian kuliner khas Solo ataupun hanya sekadar berkeliling dengan menyewa becak.

Secara umum, objek wisata Keraton Solo layak untuk Anda kunjungi bersama keluarga sebagai sarana edukasi sejarah. Walaupun, masih ada kekurangan di sana sini misalnya soal kebersihan fasilitas maupun benda-benda bersejarah yang dipajang di sana. Tapi, diharapkan pihak keraton maupun pemerintah bisa lebih peduli akan aset sejarah bangsa ini. Sehingga objek wisata ini bisa mendatangkan lebih banyak lagi turis lokal maupun mancanegara sekaligus meningkatkan perekonomian warga Solo.
Anda dapat mengunjungi objek wisata Keraton Solo setiap hari. Jam buka keraton pada hari Senin - Jumat mulai pukul 09.00 WIB - 14.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu - Minggu buka pukul 09.00 WIB - 15.00 WIB.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa