Ini Dia Contoh Penulisan Paragraf Aksara Jawa Singkat

Saya sudah menulis beberapa contoh tulisan paragraf menggunakan aksara Jawa, namun ternyata masih banyak yang harus diperbaiki. Saya masih belum bisa menguasai penulisan aksara Jawa dengan baik dan benar.

Tapi, memang belajar itu suatu keharusan. Kapan pun dan di mana pun. Selama ini, tidak mudah mencari buku maupun panduan cara menulis aksara Jawa. Jadi, pengetahuan jadi terbatas.

Jujur, saya membagikan contoh paragraf pada postingan-postingan sebelumnya tidak bermaksud untuk menggurui. Justru, saya berharap ada di antara para ahli penulisan aksara Jawa secara sengaja atau tidak sengaja mampir ke blog ini. Harapannya, mereka bisa memberikan pembetulan atau koreksi tulisan yang saya publish.

Oke, langsung saja kepada contoh paragraf selanjutnya. Satu paragraf ini saya kutip dari Jagad Jawa Solopos berjudul Dadi Guru Pancen Ora Gampang (Jadi Guru Memang Tidak Mudah). Dalam contoh di bawah ini merupakan sebagian dari paragraf terakhir tulisan tersebut.

Paragraf bahasa Jawa

Dadi guru ora mung gaweyan kang asipat raga, nanging luwih nengenake sing asipat jiwa, yakuwi njurung lan ngrembakakake sipat-sipat pinuji lan lujur ing kabeh para siswane. Kuwi genah dudu gaweyan sing gampang.

Tulisan paragraf aksara Jawa
Contoh Penulisan Paragraf Aksara Jawa Singkat

Terakhir, jika anda ada yang mahir tentang aksara Jawa dan kebetulan mampir di sini, mungkin ada kekurangan...silakan jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar dan memberikan pembetulan.

Dan bagi anda yang masih belajar menulis aksara Jawa, saya harap contoh di atas dapat membantu.

Semoga bermanfaat.

Maturnuwun.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa