Contoh Penulisan Dua Paragraf Aksara Jawa

Sebelumnya, saya sering memberikan contoh tulisan aksara Jawa hanya maksimal satu paragraf saja. Ternyata, masih ada yang mencari dua paragraf aksara Jawa. Oke, saya coba untuk memberikan solusi bagi anda.

Pada tulisan kali ini, contoh paragraf bertema tentang Candi Borobudur. Lagi-lagi saya sangat berterima kasih pada Panjebar Semangat akan begitu banyaknya sumber paragraf berbahasa Jawa yang bisa saja gunakan sebagai contoh penulisan aksara Jawa.

Dua paragraf ini saya ambil dari tulisan berjudul Taman Wisata Candi  Borobudhur yang dimuat pada majalah Panjebar Semangat No.48 Tahun 1989.

Paragraf bahasa Jawa

Kajaba kanggo obyèk pariwisata, Candhi Borobudhur uga kanggo papan nindakaké upacara agama Budha. Déné upacara iku ditindakaké sabên wulan purnama ing sasi Mèi. Upacara iku kasêbut Waisyaka Puja.

Candhi Borobudhur kang adiluhung lan kondhang ing saidênging jagad iki diwarisaké marang kita kabèh déning para lêluhur kita. Awit saka iku kita bangsa Indonesia duwé kuwajiban njaga lan mêmêtri amrih lêstariné warisan iku turun-temurun.

Paragraf aksara Jawa

Demikian contoh tulisan dua paragraf aksara Jawa yang semoga bisa membantu Anda berlatih lebih giat untuk menguasai penulisan dengan aksara Jawa.

Maturnuwun.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa