Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kolesterol sejatinya merupakan suatu senyawa alami yang dihasilkan oleh organ hati Di dalam tubuh manusia terdapat dua tipe kolesterol :
  • LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol baik
  • HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat
Kolesterol baik tidak menumpuk di dalam pembuluh arteri sehingga berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Sebaliknya, kolesterol jahat dapat mengendap dan menyumbat pembuluh arteri yang memicu munculnya penyakit mematikan seperti penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.
Udang salah satu sumber kolesterol. (Gambar:Pixabay.com)
Kolesterol jahat inilah yang menjadi ancaman bagi kesehatan manusia. Normalnya, kadar kolesterol dalam tubub manusia berkisar antara 160-200 mg. Jika ukurannya lebih dari ukuran tersebut bisa dikatakan kolesterol tinggi. Bahkan jika kadar kolesterol jahat sudah melebihi 240 mg berisiko tinggi terkena stroke.

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Kadang orang yang mengalami kolesterol tinggi tidak mengalami gejala-gejala tertentu. Namun, ada ciri-ciri yang biasa dialami oleh penderita kolesterol tinggi.
  • Mengalami sakit atau pegal di area tengkuk kepala bagian belakang
  • Bahkan rasa pegal bisa sampai ke bagian bahu
  • Badan lebih mudah lelah
  • Mudah mengantuk
  • Kaki bengkak
Tapi, akan lebih baik kalau memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui berapa kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kadar kolesterol normal antara 160-200 mg.

Penyebab kolesterol tinggi

Health.com melansir sebagian besar orang yang mengalami kolesterol tinggi memiliki kebiasaan seperti,

1. Konsumsi terlalu banyak makanan berlemak jenuh
Terlalu sering mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh tinggi seperti daging sapi, daging kambing, telur, mentega, margarin, santan dan minyak goreng. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh berisiko tinggi menimbulkan kolesterol tinggi.

2. Kelebihan berat badan
Bukan hanya membuat penampilan kurang ideal, kelebihan berat badan juga berisiko mengalami kolesterol tinggi. Kelebihan berat badan justru dapat menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik dan meningkatkan trigliserida yang memicu kolesterol jahat.

3. Kurang aktif
Tubuh manusia butuh bergerak. Jika tubuh kurang bergerak maka berisiko naiknya kadar kolesterol jahat.

4. Usia dan jenis kelamin
Kadar kolesterol akan cenderung naik saat usia manusia di atas 20 tahun. Kadar tersebut akan terus meningkat pada usia 50 tahun ke atas baik untuk pria maupun wanita.

5. Riwayat keluarga
Jika ada salah satu dari keluarga Anda bermasalah dengan kolesterol tinggi maka Anda juga berisiko tmengalami kolesterol tinggi juga. Jadi, harus hati-hati dan tetap menjaga gaya hidup sehat.

6. Penyakit lain
Bukan hanya makanan dengan lemak jenuh saja yang menjadi penyebab kadar kolesterol tinggi. Penyakit-penyakit tertentu misalnya diabetes atau hipotiroidisme juga bisa memicu kolesterol tinggi.

7. Merokok
Merokok menjadi kebiasaan yang sering kita jumpai sehari-hari. Padahal, kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Akibatnya, semakin banyak kolesterol jahat yang menumpuk dan lama-lama bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Cara mengatasi kolesterol tinggi

Anda membutuhkan motivasi kuat, kedisiplinan dan strategi yang pas untuk dapat mengatasi kolesterol tinggi. Bahkan Anda pun bisa mengatasinya tanpa harus bergantung pada obat-obatan.

1. Mengatur gaya hidup
Gaya hidup sehat meliputi berbagai macam cara misalnya olahraga, tidak merokok, mengurangi stres, dan menambah jam istirahat. 

Dianjurkan melakukan olahraga kardio seperti renang, lari, aerobik, dan treadmill sebanyak 3 sampai 5 kali seminggu. Selain meningkatkan aliran darah dalam tubuh, olahraga membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan yang baik.

Tingkatkan jam tidur Anda, normalnya tidur manusia selama 7-8 jam sehari. Kurang tidur berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat. Jadi, kurangi kebiasaan begadang jika tidak ada perlunya.

Jauhi atau hentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol karena kebiasaan ini dapat mengurangi kolesterol baik dlaam tubuh.

Stres akan memicu risiko kolesterol tinggi akibat  Lakukan latihan relaksasi misalnya Yoga atau meditasi minimal selama 10 menit untuk menenangkan jiwa Anda. Anda juga dapat melakukan kegiatan yang menurut Anda bisa menurunkan tingkat stres.

2. Mengatur pola makan
Mengatur pola makan sangat penting dalam usaha Anda untuk mengusir kolesterol tinggi.

Perbanyak konsumsi makanan dengan serat tinggi seperti gandum, buah, sayur dan kacang-kacangan untuk mengusir kolesterol jahat. Serat bermanfaat mengurangi penyerapan lemak di dalam tubuh.

Sudah makan ikan? Ikan mengandung lemak jenuh dan asam lemak omega-3 yang sehat. Kedua senyawa ini membantu menurunkan kadar trigliserida yang memicu kolesterol jahat. Disarankan mengonsumsi ikan misalnya salmon, tuna, trout atau sarden.

Makan kacang-kacangan dan kedelai. Saatnya mengganti cemilan Anda dari kerupuk dengan kacang-kacangan seperti kacang kenari, kacang mete, almond dan walnuts. Namun Anda tetap harus menjaga asupannya agar kalorinya terlalu berlebih. Produk-produk olahaan dari kedelai seperti tempe dan tahu membantu hati menyingkirkan kolesterol jahat.

Anda juga harus mengjauhi beberapa makanan dengan kadar kolesterol tinggi seperti gorengan, daging sapi, udang, kepiting, kerang, siput dan belut. Jika Anda penyuka makanan seperti cumi-cumi, kuning telur, otak sapi dan telur puyuh, lebih baik dikurangi atau dijauhi saja.

(dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa