Cara Membuat Olahan Mi Instan Yang Sehat

Suka mi instan? Mungkin Anda dan kebanyakan orang di Indonesia menyukai makanan instan ini. Berbagai merk pun tersedia di pasaran. Biasanya pada saat perut mulai kosong atau ketika hujan, makan mi instan menjadi solusinya. Cepat, mudah dan praktis. Cukup mendidihkan air kemudian masukkan mi. Dalam waktu kurang dari lima menit, mi sudah siap disantap.

Seperti yang sudah Anda ketahui, jika terlalu sering makan mi instan akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi plus bumbu pada mi instan membuatnya tidak disarankan sebagai menu diet sehari-hari. Setidaknya, berbagai penelitian sudah membuktikan kebenarannya. Sedangkan kandungan gizi lainnya tidak ada.

Namun, tetap saja ada saatnya kita menyantap mi instan bukan?

Kalau sudah begitu, tinggalkan cara-cara sederhana nan praktis saat mengolah mi intan. Anda bisa mengolahnya menjadi santapan sehat dan aman. Bagaimana caranya?

Jangan gunakan air rebusan mi

Mi instan memang menggugah selera. Apalagi saat hawa dingin atau hujan. Memakan mi instan yang masih panas dan rasa pedasnya bikin ngiler. Bagi sebagian orang, saat mengolah mi instan tidak membuang air rebusannya.

Mulai sekarang Anda harus mulai merubahnya. Buang air rebusan mi instan dan ganti dengan air baru sebagai kuah. Tindakan ini berisiko menghilangkan kandungan gizi yang terdapat pada mi instan. Namun, justru Anda harus memikirkan adanya zat pengawet dan pewarna di dalamnya. Anda harsu mengorbankan kehilangan gizi daripada bermasalah pada kesehatan nantinya.

Tambah sayur biar tambah sehat

Anda bisa membuat variasi olahan mi instan dengan menambahkan sayuran seperti kol, selada, brokoli atau sawi.

Rebus mi instan setengah matang kemudian buang air rebusannya. Ganti dengan air baru dan rebus lagi dengan sayuran sampai matang. Sayur bermanfaat sebagai serat yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan tubuh.

Makin lezat ditambah telur

Ingin sajian mi instan semakin lezat? Anda tinggal menambahkan telur untuk mebuat rasa olahan mi instan menjadi tambah nikmat. Kandungan protein dalam telur menambah nilai gizi pada mi instan olahan Anda.

Tips bagi Anda, hindari memasak mi instan dan telur dalam satu panci. Caranya, rebus dulu mi setengah matang lalu buang air rebusannya. Rebus telur dengan air secukupnya pada panci lainnya. Campur rebusan mi instan dan telur dalam satu panci.

Mengurangi bumbu tidak mengurangi kenikmatan mi instan

Boleh-boleh saja menuangkan semua bumbu ke dalam olahan mi instan. Tapi, sebaiknya jangan terlalu sering. Anda dapat mengurangi kadar bumbu dan masukkan bawang goreng supaya kenikmatan olahan mi tidak berkurang.

Tips : hindari mencampur mi instan dan bumbunya ketika dimasak. Campurkan bumbu saat mi instan siap dihidangkan.

Bagaimana kalau menyantap mi instan cup / gelas?

Sama saja caranya. Tuangkan air panas ke dalam cup / gelas kemudian tutup dan biarkan hingga mi matang. Buang air rebusan dan ganti dengan air panas yang baru. Setelah itu, masukkan bumbunya. Mi instan cup siap disantap.

Semoga bermanfaat.

Maturnuwun.

(Dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa