5 Tujuan Wisata Terbaik di Semarang Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Sudah bersiap untuk liburan akhir tahun? Tidak ada salahnya jika anda mempertimbangkan kota yang satu ini, Semarang. Kota ini merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa. 

Semarang menawarkan aneka tempat dan atraksi wisata yang menarik untuk anda nikmati saat berlibur.
Jika anda ingin menjadikan Semarang sebagai salah satu tujuan wisata anda jangan sampai melewatkan tempat-tempat menarik yang ada di sana.

Mari kita jelajahi satu per satu!

1. Gedung Lawang Sèwu

Gedung Lawang Sèwu yang berlokasi di Komplek Tugu Muda Jl. Pemuda, Semarang yang dulunya merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Gedung ini dibangun 1904 sampai 1907 dan dinamakan Wilhelminaplein.

Namun, karena memiliki banyak sekali pintu di dalamnya, masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Lawang Sèwu atau Pintu Seribu. Tapi tahukah anda jumlah pintu di Gedung Lawang Sèwu sebenarnya tidak mencapai seribu. Jendelanya yang tinggi dan lebar membuat masyarakat setempat menganggapnya sebagai pintu.

Sempat menjadi gedung kantor pemerintah, kini Gedung Lawang Sèwu menjadi salah bangunan bersejarah dan objek wisata paling terkenal di Semarang.

2. Klenteng Sam Po Kong

Berbicara tentang tempat wisata terpopuler di Semarang rasanya Sam Po Kong pantas masuk di dalamnya. Terletak di Jl. Simongan Raya 129, Semarang, klenteng ini merupakan simbol kedatangan dan peninggalan Laksamana Cheng Ho seorang laksamana beragama Islam asal Tiongkok.

Sekarang, para keturunan Tionghoa menjadikannya sebagai tempat pemujaan, bersembahyang dan berziarah. Di dalam klenteng, terdapat sebuah altar beserta patung-patung Sam Po Tay Djien.

Anda dapat berswafoto (selfie) dengan latar belakang bernuansa Tiongkok dan juga ikut berfoto dengan kostum  tradisional Tiongkok.

3. Simpang Lima

Berada di pusat kota, Simpang Lima Semarang sangat mudah dijangkau. Anda dapat menikmati momen berkumpul dengan keluarga, saudara atau teman-teman sekaligus berswafoto ria di tempat ini.

Waktu yang tepat untuk menikmati Simpang Lima adalah pada malam hari di mana anda dapat menikmati aneka kuliner sampai menyewa odong-odong.

4. Kota Lama

Kota Lama dulunya merupakan sebuah wilayah pusat perdagangan pada abad 19-20. Di sana, anda akan menikmati suasana kota tempo dulu pada zaman Belanda.

Bagi anda yang ingin mencari tempat yang "instagramable", Kota Lama tidak boleh anda lewatkan. Deretan bangunan-bangunan tua yang masih terawat dengan baik membuatnya sebagai salah satu ikon wisata sejarah di Kota Semarang.

So, jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini saat berwisata ke Semarang ya!

5. Gereja Blenduk

Masih di wilayah Kota Lama, anda juga akan dimanjakan dengan arsitektur gereja tua bernama Gereja Blenduk. Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah ini dibangun pada tahun 1753 oleh orang-orang Belanda.

Bentuknya yang persegi delapan (heksagonal) dan kubahnya yang skilas mirip kubah masjid membuat Gereja Blenduk menjadi salah satu primadona wisata unik dan menarik di Kota Semarang.

Bagi anda yang menyukai fotografi atau berswafoto jangan sampai melewatkan Gereja Blenduk ini!

Terakhir, sebenarnya masih banyak lagi objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Semarang. Namun, lima tempat di atas bisa anda pertimbangkan menjadi tujuan utama saat berlibur.

Namun, jika anda masih belum puas dengan hanya berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut, anda dapat dengan mudah mencari informasi objek wisata di Semarang melalui Information Tourism Center Jl. Pemuda No.147, Semarang atau dengan menghubungi (024) 351.5451.

Bukan seorang ahli, apalagi sarjana Bahasa Jawa, Andi menuliskan segala pengetahuan mengenai bahasa ibunya yang pernah didapat melalui sekolah dulu dan buku-buku. Andi juga tidak jarang menulis tema lain seperti teknologi dan kesehatan. Kunjungi Jawalogger.com.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silakan berkomentar dengan sopan. Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi, bagi Anda yang memasukkan komentar, "tidak boleh" memasukkan link di dalam komentar.

Jika itu terjadi, maka saya tidak akan menyetujui komentar Anda.