Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Halo para pembaca semua, Jawalogger kali ini akan membagikan sebuah teks paragraf deskripsi mengenai Candi Borobudur. Seperti yang sudah diketahui, candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan pernah menjadi salah satu keajaiban dunia.

Sampai sekarang, Candi Borobudur masih menjadi salah satu wisata candi paling populer di Indonesia. Bukan hanya wisatawan dalam negeri saja tapi juga turis luar negeri juga sangat mengagumi candi yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini.

Pada tulisan di bawah ini akan mendeskripsikan Candi Borobudur secara singkat dalam tiga paragraf yang saya rangkum dengan sedikit perubahan dari Wikipedia dan sumber lainnya berupa buku.

Paragraf bahasa Jawa

Candhi Barabudhur

Candhi Barabudhur mujudake candhi Buddha kang digawe ing abad IX dening Raja Semaratungga sing ngasta kraton Mataram Hindhu. Raja Semaratungga saka wangsa Syailendra. Candhi iki minangka candhi Buddha gedhe dhewe sejagat. Prenahe Candhi Borobudhur dumunung ana ing sakidul kulone Kutha Muntilan Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Candhi Barabudhur dumadi saka 9 tataran yaiku enem teras wujud pasagi lan telu wujud bundher, kanthi pucukan wujud cungkup ing pusere. Candhi iki direnggani panel relief cacah 2.672 lan reca Buda cacah 504. Cungkup pusere kinubengan reca Buda lungguh cacah 72 sing padha dipapanake ing njero stupa-stupa sing bolong-bolong.

Tekan saiki, Candhi Barabudhur isih dadi papan tirakat. Wong-wong Buddha padha ngrayakake Wesak ing candhi iki saben tahun. Candi Barabudhur uga wis kondhang kaloka dadi papan wisata kang gawe gumun turis Indonesia lan mancanegara.

Terjemahan ke dalam bahasa Indonesia

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi Buddha yang dibangun pada abad IX oleh Raja Samaratungga yang menjadi raja Kerajaan Mataram Hindu. Raja Samaratungga berasal dari dinasti Syailendra. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Tepatnya, Candi Borobudur terletak di sebelah barat daya Kota Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur terdiri dari sembilan bagian yaitu enam teras berbentuk persegi dan tiga berbentuk lingkaran dengan puncaknya berwujud stupa di tengah. Candi ini dihiasi panel relief berjumlah 2.672 dan patung Buddha sebanyak 504 buah. Stupa tengah dikelilingi patung Buddha yang sedang duduk berjumlah 72 yang diletakkan di dalam stupa-stupa berlubang.

Sampai sekarang, Candi Borobudur masih menjadu tempat ibadah. Penganut Buddha merayakan Waisak di candi ini setiap tahun. Candi Borobudur juga sudah terkenal menjadi tempat wisata yang membuat takjub wisatawan Indonesia dan mancanegara.

Itulah contoh deskripsi singkat Candi Borobudur dalam bahasa Jawa yang semoga bisa bermanfaat dan membantu anda dalam belajar menulis paragraf Jawa terutama paragraf deskripsi.

Baca juga : Contoh teks deskripsi bahasa Jawa tentang kucing

Semoga bermanfaat,

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa