10 Cara Untuk Merawat Rambut Agar tetap Sehat, Lembut dan Berkilau

Halo para pembaca apa kabarnya hari ini? Pada hari ini Jawalogger akan membahas tentang cara merawat rambut agar tetap sehat. Mungkin banyak orang yang mencari tahu tentang topik ini, termasuk anda. Rambut sebagai mahkota menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu diperhatikan. Pasalnya, rambut yang bagus dan sehat memengaruhi penampilan. Penampilan yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri.

Tulisan ini akan membagikan tips menjadikan rambut yang tampak kusam dan kering menjadi rambut yang sehat, halus dan lembut. Tips ini juga dapat membantu anda menumbuhkan rambut dengan cepat.

Cara merawat rambut agar tetap sehat

Jangan keramas setiap hari

Anda tetap boleh mencuci rambut setiap hari jika memang perlu. Tapi, hindari pemakaian shampo setiap hari terutama shambpo yang mengandung sulfate. Shampo bersifat keras yang bisa memberi dampak tidak baik untuk rambut dan kulit kepala. Selain itu, shampo juga dapat menyapu minyak alami yang sangat penting bagi rambut sehat dan bercahaya. Disarankan untuk menggunakan shampo dua atau tiga kali seminggu. Cara ini akan membuat rambut lebih sehat, terutama bagi anda yang memiliki rambut kering.

Perlakukan rambut dengan lembut

Jangan terlalu kasar ketika anda mengeringkan rambut dengan handuk. Cukup tepuk-tepukkan handuk dengan lembut di atas rambut. Kalau anda memperlekukan rambut anda dengan kasar maka kemungkinan besar anda akan kehilangan helai demi helai rambut. Rambut bersifat rapuh dan cenderung mudah patah saat dalam keadaan basah.

Hindari juga menyikat rambut saat basah karena akan menarik rambut yang berakibat buruk untuk rambut. Jika anda memang harus menyisir rambut, gunakan sisir dengan gerigi jarang.

Jangan tidur ketika rambut masih basah

Ketika tidur, rambut akan sering bergesekan dengan bantal sehingga menyebabkan rambut patah. Untuk mengurangi kerusakan rambut, disarankan untuk memakai bantal yang dengan sarung berbahan sutera karena lebih lembut dan tidak akan sering menarik rambut ketika sering bergerak saat tidur. Selain itu, cobalah posisi tidur yang terbaik untuk menghindari kerontokan rambut.

Gunakan minyak argan

Cobalah untuk menggunakan minyak argan secara rutin. Minyak argan dapat membuat rambut tidak bau, menjadikannya lebih halus, lembut dan bercahaya. Minyak argan dapat membantu mengatasi kulit kepala kering dan mengusir ketombe.

Hati-hati dengan pengering rambut

Suhu tinggi dapat melemahkan serat-serat rambut. Pemakaian minyak argan membantu melindungi dari panas.

Hindari mewarnai atau memutihkan rambut

Semir atau pewarna dan pemutih rambut mengandung zat-zat kimia misalnya amonia yang bisa benar-benar merusak rambut serta membuat kulit kepala jadi kering.

Hati-hati dengan paparan sinar matahari

Ketika anda pergi keluar rumah dan berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan kulit kepala. Jika bisa cobalah untuk berteduh sebentar ketika anda tahu bahwa anda akan berada di luar ruangan dalam waktu lama. Pilihan lainnya adalah gunakan topi atau penutup kepala lainnya untuk melindungi rambut dan kulit kepala.

Pangkas rambut

Terlepas dari apa yang anda kerjakan, rambut akan semakin mengalami kerusakan dari hari ke hari. Jika anda membiarkannya tumbuh, disarankan untuk memangkas rambut setidaknya sekali dalam tiga bulan. Atau anda bisa juga memotong rambut setiap beberapa minggu sekali karena itu akab membantu mengatasi rambut rusak, patah atau rontok.

Gunakan masker rambut

Gunakan masker rambut alpukat atau  masker minyak kelapa sekali dalam seminggu terutama jika mempunyai kulit kepala kering. Letakkan masker alpukat atau minyak kelapa pada rambut dan diamkan selama 20 sampai 30 menit kemudian cuci dengan air.

Biarkan rambut bernapas

Sesekali jangan menggunakan gel rambut atau pomade supaya rambut dapat bernapas mendapatkan sirkulasi udara dan anda bisa merasakan ketenangan. Stres sangat tidak bagus untuk kesehatan rambut. Jadi hindari segala sesuatu yang bisa menimbulkan stres.

NB : 
Tulisan ini berusaha untuk menghadirkan informasi dan tips yang seakurat mungkin dari berbagai sumber pilihan dan terpercaya. Hasil dapat bervariasi pada tiap individu tergantung kondisi tubuh dan kesehatan pribadi.Jawalogger tidak dapat menjamin dan tidak bertanggung jawab apabila hasil yang anda peroleh berbeda dengan pengguna lain yang mendapatkan hasil positif.

Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik berkaitan dengan masalah kebotakan pada rambut kepala.

Maturnuwun :)

(Dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa