Cara Latihan Untuk Membuat Badan Lebih Berotot, Berisi dan Six Pack

Siapa yang tidak ingin memiliki badan berotot, berisi bahkan perut six pack? Khususnya untuk para pria. Badan kurus, kurang berotot dan berisi kadang membuat minder. Diet ketat pun dilakukan untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal. Namun, merubah pola makan saja belum cukup. Latihan atau olahraga juga sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut.

Sampai sini, anda mungkin berpikir untuk melakukan olahraga ke gym atau harus membeli barbel dan alat-alat fitness lainnya. Memang tidak salah dan bahkan dianjurkan bagi anda pergi ke gym atau menggunakan alat-alat fitness agar bisa memiliki badan berotot dan perut six pack. Tapi, anda pun bisa melakukannya di rumah bahkan tanpa harus membutuhkan ruangan yang luas.

Pada tulisan kali ini, saya ingin membagikan pengalaman sendiri belum lama ini. Bermula dari bentuk badan yang menurut saya kurang ideal, kurus dan belum berotot apalagi perut six pack. Akhirnya, saya mencari berbagai tips untuk membuat badan berotot dan six pack dari artikel maupun video Youtube. Saya menemukan sebuah saluran Youtube bernama Sixpackfactory.com yang hingga tulisan ini dibuat pelanggannya sudah mencapai 1,1 juta pemirsa.

Peter Carvell pemilik channel Sizpackfactory.com memberikan banyak video latihan gratis yang sangat menarik. Bahkan hampir semua video latihan tersebut bisa dilakukan di rumah dengan mudah tanpa harus menggunakan alat-alat kebugaran mahal.

Dari begitu banyak video latihan milik Peter Carvell, saya mengunduh beberapa video yang menurut saya cukup mudah dari latihan push up, melatih otot-otot perut agar bisa six pack hingga latihan menguatkan otot-otot kaki.

Dan pada tulisan inilah saya akan membagikan latihan-latihan yang sampai saat ini masih saya praktikkan.

Cara membuat badan berotot dan six pack untuk pemula tanpa harus ke gym

1. Melatih otot-otot tubuh bagian atas

Otot-otot tubuh bagian atas meliputi otot-otot bahu, otot dada dan otot trisep. Peter Carvell memberikan tips latihan dengan beberapa variasi push up untuk melatih otot-otot tubuh bagian atas seperti push up biasa, pike push up, dan diamond push up. Push up biasa merupakan jenis push up yang sering dilakukan untuk membentuk otot dada. jadi, anda harus mengetahui dasar-dasar yang benar agar tidak terjadi cedera saat melakukannya.

Pike push up merupakan jenis push up di mana anda menaikkan pinggul anda kemudian menggerakkan tangan hingga kepala ke bawah. Sedangkan diamond push up, hampur mirip dengan push up biasa, hanya kedua tangan dirapatkan ke tengah seperti membentuk diamond. Anda bisa langsung melihat video melalui link di bawah ini (silakan di-copy dan paste ke tab baru).

https://www.youtube.com/watch?v=whgmEnWN1Xg

Selain tiga variasi push di atas, Peter Carvell masih memiliki aneka variasi latihan untuk membentuk otot-otot bagian atas.

Jika anda masih merasa berat untuk mempraktikkan latihan-latihan di atas, anda cukup melakukan push bisa sebanyak 10 repetisi, maksimal 10 kali bagi yang sudah mahir. Tapi, bagi pemula push up 10 repetisi 2-3 kali putaran sudah cukup.

2. Melatih otot-otot perut

Selanjutnya, saya ingin membagikan link video latihan-latihan untuk membentuk otot-otot perut agar bisa six pack. Peter Carvell memberikan empat macam latihan antara lain dumbell crunch, reverse crunch, bicycle crunch dan walking plank.

Crunch merupakan variasi sit up yang bisa melatih otot-otot perut bagian atas, sementara reverse crunch membentuk otot-otot perut bagian bawah. Sedangkan walking crunch melatih otot-otot perut bagian samping. Walking plank berguna untuk melatih otot-otot core. Lakukan latihan tersebut masing-masing selama @20 detik sebanyak 4 kali putaran, dengan waktu istirahat selama 10 detik.

https://www.youtube.com/watch?v=YgxyBrzwHhg

Menurut pengalaman saya, latihan-latihan tersebut memberikan hasil yang cukup berarti. Bukan hanya satu video latihan ini, anda juga bisa mengulik video-video latihan six pack dari Sixpackfactory.com lainnya.

3. Melatih otot-otot kaki

Bosan dengan kaki kecil? Selain olahraga lari, fitness ke gym dan sebagainya, anda bisa menggunakan latihan milik Peter Carvell untuk membuat kaki kuat di rumah. Nama latihannya the lunge walk through,  sebuah variasi gerakan lunge yang mirip gerakan berjalan. Lakukan 10 repetisi masing-masing kaki sebanyak 5-10 kali putaran.

Lihat video latihannya melalui link di bawah ini....

https://www.youtube.com/watch?v=m9TWugcXIVI

Semua latihan sudah saya lakukan bahkan hingga sekarang. Anda pun bisa melakukannya di rumah dengan mudah, terutama bagi anda yang malu pergi ke gym. Jadi, sekarang bukan saatnya lagi berpikir bahwa membentuk tubuh berotot dan six pack harus pergi ke fitness center. Unduh video-video pilihan anda dari Sixpackfactory.com melalui Youtube kemudian praktikkan secara rutin dan teratur. Anda akan terkejut melihat hasilnya.

NB:
Semua cara di atas hampir semua sudah saya praktikkan di rumah. Walaupun belum bisa sixpack, tapi paling tidak tubuh sudah mulai kelihatan lebih berisi dan berotot. Sedangkan untuk jadwalnya saya masing-masing dua kali seminggu. Misalnya, hari Senin latihan otot-otot tubuh bagian atas, Selasa melatih otot-otot perut, Rabu latihan otot-otot kaki. Sementara hari Kamis, Jum'at, Sabtu tinggal mengulang menurut urutan latihan sebelumnya. Tapi ini tidak mutlak, anda bisa mengkondisikan sesuai dengan kemampuan anda sendiri.

Semoga bermanfaat,

Matur nuwun ;)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa