8 Manfaat Luar Biasa Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Selama lebih dari lima ribu tahun jahe digunakan oleh orang-orang Asia dan India. Tanaman yang pertama kali ditemukan di Asia Tenggara  tersebut sangat dicari oleh para pedagang rempah-rempah. Jahe biasa dipakai sebagai bumbu masakan khas Asia dan India. 

Namun tahukah anda bahwa zat-zat yang terkandung di dalam jahe juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan?

Jahe merupakan sumber yang baik magnesium, mangan, potasium, tembaga dan vitamin B6. JSelama berabad-abad, jahe telah digunakan dalam pengobatan tradisonal selama berabad-abad. Sekarang, ilmu pengetahuan dan para peneliti di seluruh dunia menemukan bahwa jahe bekerja dengan baik untuk menangani berbagai masalah kesehatan.

Bagian yang sering dimanfaatkan dari jahe adalah akar rimpangnya. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk, kering sebagai bumbu, minyak maupun jus. 

Manfaat jahe untuk kesehatan

Mengatasi rasa mual

Salah satu khasiat jahe yang diketahui banyak orang adalah kemampuannya mengatasi mual. Minum teh jahe atau bahkan mengonsumsinya dalam keadaan mentah merupakan cara yang biasa dan aman untuk mengobati mual di rumah, khususnya untuk penderita kanker dan morning sickness pada ibu hamil.

Berdasarkan hasil penelitian melibatkan 1.278 wanita hamil menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe antara 1,1 hingga 1,5 gram dapat mengurangi mual secara signifikan.

Mengatasi masalah pencernaan

Senyawa fenolik yang terkandung pada jahe diketahui dapat membantu mengatasi iritasi di dalam saluran pencernaan. Senyawa ini membantu merangsang produksi air lir dan empedu serta memperlancar jalannya makanan dan cairan melalui saluran pencernaan.

Berdasarkan sebuah studi melibatkan 24 orang dengan kondisi sehat, mengonsumsi 1,2 gram jahe bubuk sebelum makan dapat mempercepat pengosongan perut dan mengurangi ganggua pencernaan sebesar 50%.

Mengatasi rasa sakit

Menurut hasil penelitian di University of Georgia menemukan bahwa mengonsumsi suplemen jahe setiap hari mengurangi rasa sakit pada otot sebesar 25%. Jahe juga dapat membantu mengurangi sakit akibat menstruasi.

Mengurangi peradangan

Sebagai salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi yaitu ostheoarthritis menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pada sendi. Sebuah percobaan yang leibatkan 247 penderita ostheoarthritis pada lutut, orang yang mengonsumsi ekstrak jahe hanya mengalami sedikit rasa sakit.

Mengurangi risiko penyakit jantung?

Berdasarkan sebuah penelitian melibatkan peserta dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa mengonsumsi dua gram bubuk jahe setiap hari dapat menurunkan gula darah dan menjadi penyebab 10% dari keseluruhan pengurangan selama 12 minggu. Kadar gula tinggi merupakan salah satu faktor risiko besar dari penyakit jantung. Dengan khasiat jahe pada kadar gula darah, kemungkinan dapat menurunkan risiko penyakit jantung sedikitnya 10%.

Menurunkan kolesterol?

Sebuah penelitian yang melibatkan 85 penderita kolesterol tinggi selama 45 hari menyimpulkan bahwa mengonsumsi tiga gram bubuk jahe setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol secara berarti. Para peneliti meyakini, jahe dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Sebagai anti-kanker?

Menurut hasil penelitian, jahe mengandung sebuah zat bernama 6-gingerol yang digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa jenis kanker. Penelitian mengenai ini masih terus dilakukan. Tapi, sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi dua gram ekstrak jahe setiap hari dapat mengurangi molekul-molekul sinyal pro-inflamasi secara signifika pada usus besar.

Meningkatkan fungsi otak?

Stres oksidatif dan peradangan kronis merupakan dua faktor yang dapat mempercepat proses penuaan dan menjadi pendorong utama penyakit Alzheimer serta gangguan kognitif terkait usia lainnya. beberapa penelitian menemukan bahwa senyawa antioksidan dan bioaktif di dalam jahe dapat menghambat respon peradangan yang terjadi di dalam otak.

Berdasarkan penelitian melibatkan 60 wanita separuh baya menunjukkan, ekstrak jahe dapat meningkatkan waktu reaksi dan kinerja ingatan. Jahe mendukung kesehatan otak dalam banyak cara.

Itulah delapan manfaat jahe untuk kesehatan tubuh manusia yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain mudah didapat, jahe juga bisa ditanam di kebun atau pekarangan rumah sebagai tanaman obat keluarga sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan tidak perlu membeli ke pasar atau toko obat / jamu.

NB : 
Tulisan ini berusaha untuk menghadirkan informasi dan tips yang seakurat mungkin dari berbagai sumber pilihan dan terpercaya. Hasil dapat bervariasi pada tiap individu tergantung kondisi tubuh dan kesehatan pribadi. Jawalogger tidak dapat menjamin dan tidak bertanggung jawab apabila hasil yang anda peroleh berbeda dengan pengguna lain yang mendapatkan hasil positif.

Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis atau ahli gizi untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik berkaitan dengan manfaat pisang bagi kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat.

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa