4 Tips Merawat Rambut Ikal dan Keriting Pada Pria

Halo para pembaca, Jawalogger kali ini akan membahas tentang cara merawat rambut keriting pada pria. Memang memiliki rambut keriting atau ikal membutuhkan perjuangan untuk mendapatkan gaya rambut yang ideal. Mungkin anda juga mengalami itu. Pemilik rambut ikal maupun keriting selalu memiliki masalah ketika ingin mencoba berbagai gaya yang berbeda.

Rambut susah diatur sehingga berbagai macam gaya rambut yang dicoba sering tidak berhasil. Bukan berarti rambut ikal atau keriting lebih buruk daripada rambut lurus. Masing-masing jenis rambut tersebut mempunyai gaya tersendiri.

Bagi anda yang memiliki rambut keriting dan mencoba untuk melakukan perawatan, Jawalogger mempersembahkan empat tips berikut ini.

Jaga rambut tetap sehat

Gunakan shampo sesedikit mungkin. Penggunaan shampo terlalu sering akan membuat rambut kering. Disarankan menggunakan shampo rambut satu atau dua kali seminggu. Cara ini sangat membantu untuk menjaga rambut tetap sehat. Cuci rambut dan gunakan kondisioner setiap hari.

Gunakan masker hidrasi selama 15 menit sekali dalam seminggu. Cara ini dapat membantu melembutkan dan menyehatkan rambut. Contoh produk yang bisa anda coba adalah minyak argan. Teteskan minyak ini setelah mencuci rambut dan sebelum menata rambut.

Pangkas rambut dengan tepat

Pemangkasan rambut yang tepat merupakan dasar dari setiap gaya rambut. Anda bisa mencari tahu aneka gaya rambut yang pas untuk rambut ikal atau keriting melalui Youtube. Jika rambut anda benar-benar keriting, disarankan agar rambut tetap pendek sekitar tiga inchi. Sedangkan untuk rambut ikal, disarankan panjang rambut antara empat sampai lima inchi.

Tapi sekali lagi, reambut setiap individu berbeda-beda. Bila anda merasa rambut ikal atau keriting terlihat bagus boleh-boleh saja membiarkannya tumbuh panjang. Tapi, jika benar-benar susah diatur maka potongan pendek sehingga akan mempermudah untuk menatanya.

Gunakan pengering rambut

Rambut sudah sehat dan gaya rambut pun sudah pas. Tips selanjutnya, gunakan alat untuk menata rambut misalnya pengering rambut. Hindari anggapan bahwa pengering rambut atau hair dryer hanya untuk kaum wanita saja. Pria pun boleh mengggunakannya. Baik rambut ikal, keriting maupun lurus penggunaan pengering rambut penting. Jangan malu untuk memakainya.

Setelah mandi, keringkan rambut anda menggunakan handuk. jangan terlalu kasar. Cukup menepuk-nepuk handuk pada rambut dengan lembut. Jika mengeringkan rambut dengan kasar kemungkinan besar anda akan kehilangan helai demi helai rambut. Kemudian segera gunakan pengering rambut yang akan membantu membentuk setiap helai rambut anda sesuai dengan gaya rambut yang diinginkan.

Jika ingin rambut lurus, gunakan sikat rambut saat mengeringkan rambut. Sikat rambut sesuai dengan gaya rambut yang anda sukai.

Tapi, sebelum memakai pengering rambut, oleskan dulu produk pelindung rambut dari suhu panas. Anda dapat dengan mudah mendapatkan produk ini secara online dengan mencari kata "heat protection spray".

Gunakan produk finishing yang tepat

Anda sudah membentuk gaya rambut anda sesuai dengan selera. Tapi, anda perlu mempertahankannya seharian. Gunakan produk high hold hair clay seperti pomade dengan tingkat medium. Produk ini akan membantu tatanan rambut anda tetap rapi.

Penggunaan hair clay saja belum cukup. Kadang anda harus pergi ke luar dalam waktu lama dan mungkin terkena angin. Gunakan sedikit hair spray untuk menjaga rambut berantakan dari terjangan angin.

Itulah empat tips untuk merawat rambut ikal dan keriting pada pria.m Mungkin bukan yang terbaik, tapi semoga dapat bermanfaat bagi anda.

NB : 
Tulisan ini berusaha untuk menghadirkan informasi dan tips yang seakurat mungkin dari berbagai sumber pilihan dan terpercaya. Hasil dapat bervariasi pada tiap individu tergantung kondisi tubuh dan kesehatan pribadi.Jawalogger tidak dapat menjamin dan tidak bertanggung jawab apabila hasil yang anda peroleh berbeda dengan pengguna lain yang mendapatkan hasil positif.

Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik berkaitan dengan masalah pada rambut kepala.

Maturnuwun :)

(Dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa