4 Makanan Yang Baik Untuk Mencegah Rambut Rontok

Halo para pembaca Jawalogger, pada postingan kali ini saya akan membagikan tentang empat macam makanan untuk rambut agar sehat. Empat makanan tersebut merupakan sumber nutrisi terbaik yang dapat membantu mengatasi atau menghentikan rambut rontok.

Seperti halnya organ-organ tubuh lainnya, rambut sehat dan kuat harus didukung dengan pola makan (diet). Jika mengikuti pola makan buruk mungkin anda tidak akan merasakan dampaknya pada rambut d engan cepat. Mungkin akan butuh waktu yang lebih lama untuk mengetahui dampak dari diet tidak sehat pada rambut.


Memakan makanan cepat saji atau junk food merupakan salah satu diet buruk yang benar-benar dapat membuat rambut anda tidak sehat. Oleh karena itu, makanan yang anda makan hari ini harus mengandung nutrisi-nutrisi yang dapat membantu folikel rambut tetap kuat. Jika aliran darah ke folikel berkurang, rambut akan menjadi tidak sehat yang bisa berakibat kerontokan.

Bukan hanya pola makan saja, ada faktor-faktor lain yang berkaitan dengan kesehatan rambut misalnya genetik / keturunan, kurang tidur dan ketidakseimbangan hormon.

Mungkin anda bisa mempertimbangkan pola makan dengan empat jenis makanan di bawah ini yang akan memberikan nutrisi tepat dan dibutuhkan oleh rambut. 

Buah yang mengandung Vitamin C

Buah blueberry kaya akan Vitamin C yang sangat penting peranannya untuk peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk kulit kepala dan rambut. Vitamin C juga mendukung pembuluh darah mengalirkan nutrisi ke folikel rambut.Kekurangan Vitamin C akan menyebabkan kerusakan rambut. Sumber-sumber Vitamin C selain BlueBerry antara lain buah kiwi, tomat dan strawberry.

Sayuran berdaun hijau gelap

Bayam mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh antara lain zat besi, asam folat, beta karoten dan Vitamin C. Zat-zat tersebut berperan untuk menjaga folikel rambut agar tetap sehat dan meningkatkan peredaran darah. Pilihan sayuran berdaun hijau gelap selain bayam yaitu brokoli.

Kacang-kacangan

Kacang lentil mengandung banyak zat protein, besi, biotin dan seng yang merupakan nutrisi-nutrisi sangat penting bagi rambut. Selain kacang lentil, anda juga bisa menngonsumsi kacang buncis atau kacang kedelai.



Walnut merupakan sejenis kacang yang mengandung zat asam lemak Omega 3, vitamin E, biotin, dan tembaga.  Vitamin E dan biotin membantu melindungi sel dari kerusakan DNA. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut tipis. Zat mineral tembaga pada walnut membantu memelihara warna rambut dan membuatnya tetap bercahaya.

Daging ikan

Ikan salmon dengan dagingnya yang berwarna merah kaya akan zat asam lemak Omega 3, Vitamin D dan protein yang membantu menguatkan rambut. Tapi, tubuh tidak menghasilkan zat asam lemak Omega 3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Memasukkan daging ikan salmon dalam diet anda akan membantu memberikan nutrisi dalam tubuh sehingga rambut akan semakin kuat. Pilihan daging ikan lainnya misalnya ikan sarden dan makarel. 

Itulah empat jenis makanan yang bermanfaat untuk membantu mencegah rambut rontok.

NB : 
Tulisan ini berusaha untuk menghadirkan informasi dan tips yang seakurat mungkin dari berbagai sumber pilihan dan terpercaya. Hasil dapat bervariasi pada tiap individu tergantung kondisi tubuh dan kesehatan pribadi.Jawalogger tidak dapat menjamin dan tidak bertanggung jawab apabila hasil yang anda peroleh berbeda dengan pengguna lain yang mendapatkan hasil positif.

Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik berkaitan dengan masalah kebotakan pada rambut kepala.

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa