4 Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat Mudah Anda Dapatkan

Asam urat atau gout arthritis merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi di masyarakat terutama orang-orang lanjut usia (lansia) pada kisaran 40-50 tahun. Tapi tidak jarang pula penyakit ini menyerang orang-orang yang berusia lebih muda. Sementara laki-laki cenderung memiliki risiko lebih besar mengalami asam urat mulai dari pubertas dan mencapai puncaknya pada usia 40-50 tahun. Pada perempuan, asam urat lebih banyak muncul pada usia sesudah menopause.
cara mengatasi asam urat secara alami tanpa obat

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2013  penyakit sendi di Indonesia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan sebesar 11.9% dan berdasarkan diagnosis dan gejala sebesar 24.7%. Jumlah yang tidak kecil.

Penyakit asam urat tidak bisa dianggap remeh. Dalam dunia kesehatan, penyakit ini menjadi salah satu masalah utama. Jika tidak ditangani dengan tepat akan menimbulkan masalah kesehatan serius bahkan terjadi berbagai macam komplikasi seperti  gagal ginjal, batu ginjal dan lain-lain.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya asam urat antara lain :
  • Keturunan, 
  • Pola makan tidak baik misalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan berkadar purin tinggi, 
  • Minum obat-obatan yang menyebabkan berkurangnya pembuangan asam urat,
  • Efek samping dari kanker atau kemoterapi.

Cara mengatasi asam urat secara alami tanpa obat

Satu hal yang sangat penting diketahui jika ingin mengatasi asam urat yaitu mengurangi asupan gula dan biji-bijian dan daging olahan dalam diet anda. Jauhi juga minum minuman beralkohol.

Pada kondisi asam urat, mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan serta daging organik merupakan diet asam urat yang baik.

Berikut ini enam cara mengobati asam urat secara alami yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

1. Seledri
Anda dapat dengan mudah mencari dan mendapatkan daun seledri. Mengonsumsi ekstrak biji seledri dipercaya mampu mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh. Solusi lainnya adalah dengan membuat jus seledri atau bahkan memakannya langsung tanpa dibuat jus.

2. Jus cherry atau black cherry
Jus cherry bermanfaat mengurangi inflamasi (pembengkakan) dan mengurangi penumpukan asam urat dalam tubuh. Dengan menngonsumsi jus cherry dengan teratur diharapkan mampu mengatasi permasalahan akibat asam urat.

3. Jelatang
Mengonsumsi teh jelatang merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi inflamasi akibat asam urat. Menurut hasil penelitian University of Maryland menunjukkan bahwa ekstrak jelatang mampu mengurangi rasa sakit.

4. Minyak ikan
Mungkin minyak ikan tidak berdampak secepat seledri dan jus cherry dalam mengatasi asam urat. Tapi, kandungan senyawa Omega 3 dapat membantu mengurangi inflamasi dan menurunkan risiko mengalami asam urat.

(Dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa