10 Manfaat Buah Pisang Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Indonesia

Buah pisang merupakan salah satu buah favorit dan mungkin buah paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Begitu banyak jenis pisang dapat kita jumpai, terutama di Indonesia. Sebagai negara tropis, Indonesia kaya akan berbagai pohon pisang sehingga dapat dengan mudah ditemukan dan didapatkan.

Buah pisang sering dijadikan olahan makanan dan minuman. Mungkin anda sering atau bahkan sangat menyukai makanan-makanan olahan pisang seperti pisang goreng, pisang kukus, kolak pisang, keripik pisang dan sebagainya. Anda mungkin juga sering meminum jus atau smoothy pisang. Itu semua adalah manfaat pisang ketika diolah menjadi makanan atau minuman.

Lantas, apa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh manusia?

10 manfaat pisang bagi kesehatan

Menambah tenaga

Memakan dua buah pisang akan memberikan tubuh cukup tambahan tenaga baik untuk olahraga atau bekerja dalam waktu lama. Mengonsumsi setengah buah pisang di tengah hari saat anda mulai merasa kelelahan. Buah pisang memberikan kadar energi yang bisa bertahan lama secara alami.

Meningkatkan sistem peredaran tubuh

Buah pisang kaya akan kandungan zat potassium yang membantu meningkatkan sistem peredaran tubuh, mengalirkan oksigen ke otak. Potassium juga membantu menjaga detak jantung, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mengurangi risiko terkena stroke,  mengatur tekanan darah, mencegah kram otot.

Mengatasi sembelit

Pisang membantu mengatasi sembelit. Serat yang terkandung di dalamnya memperbaiki dan menjaga kerja usus.

Meningkatkan semangat

Buah pisang mengandung zat asam amino yang bernama tryptophan. Tryptophan dibutuhkan untuk zat serotonin, zat yang mengatur suasana hati. Serotonin bermanfaat untuk perasaan rileks dan kebahagiaan. Menurut sebuah situs bernama banana savor, orang yang mengalami depresi dilaporkan merasa bahagia setelah memakan pisang.

Mengatasi kekurangan zat besi

Buah pisang mengandung kaya akan zat besi. Bagi orang-orang yang mengalami kekurangan zat besi, buah pisang memberikan asupan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Hasilnya dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan begitu, darah dapat cepat menggumpal jika terjadi luka atau cedera serius.

Membantu program menurunkan berat badan

Pisang mengandung sedikit kalori, rata-rata satu  buah pisang hanya mengandung 110 kalori. Bagi anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan, anda bisa memanjakan diri dengan memakan buah pisang tanpa harus khawatir dengan ukuran pinggang atau kesehatan.

Membikin kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaan

Menurut USDA, satu buah pisang mengandung tiga gram serat. Diet serat dapat membantu anda merasakan kenyang lebih lama dan menjaga proses pencernaan berjalan dengan lancar.

Mengisi tenaga

Manusia membutuhkan zat karbohidrat untuk menghasilkan tenaga. Memakan buah pisang dapat membantu mengisi kembali tenaga setelah berolahraga atau bekerja. Pisang juga bisa dimakan sebagai sarapan untuk mengawali hari penuh energi. Atau saat memakannya saat makan siang untuk mengisi energi tanpa harus ngemil.

Menjaga kesehatan tulang dan metabolisme

Buah pisang mengandung sekitar 0,3 miligram mangan. Orang dewasa diperkirakan membutuhkan asupan zat mangan antara 1,8 miligram sampai 2,3 miligram setiap hari. Tubuh membutuhkan mangan untuk menjaga kesehatan tulang dan metabolisme.

Rendah lemak dan kolesterol

Buah pisang mengandung rendah lemak dan kolesterol. Dengan mengonsumsi buah ini, anda dapat mengurangi risiko penyakit kolesterol dan jantung.

Itulah sepuluh manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh manusia dari menambah tenaga hingga menjaga kesehatan tulang. Seperti yang sudah anda baca, buah pisang merupakan buah ajaib yang bisa dipertimbangkan dalam diet harian anda.

NB : 
Tulisan ini berusaha untuk menghadirkan informasi dan tips yang seakurat mungkin dari berbagai sumber pilihan dan terpercaya. Hasil dapat bervariasi pada tiap individu tergantung kondisi tubuh dan kesehatan pribadi. Jawalogger tidak dapat menjamin dan tidak bertanggung jawab apabila hasil yang anda peroleh berbeda dengan pengguna lain yang mendapatkan hasil positif.

Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis atau ahli gizi untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik berkaitan dengan manfaat pisang bagi kesehatan tubuh.

Semog bermanfaat :)

(Dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa